Subscribe Dengan Account Google untuk mendapatkan update info terbaru dari property145.com
10 Peralatan Masak untuk Mengisi Dapur

Dapur merupakan area memasak dan mengolah makanan. Area dapur ini wajib ada disetiap rumah. Biasanya pada rumah modern dapur dibedakan menjadi dua yaitu dapur kotor dan dapur bersih. Dapur kotor merupakan area yang digunakan untuk mencuci dan mengolah makanan, sementara dapur bersih digunakan sebagai tempat menyiapkan makanan yang telah diolah. Di dalam dapur biasanya tersedia peralatan untuk memasak.

Yuk simak di bawah ini peralatan memasak yang umum ditemukan di dapur :

1. Panci

Panci merupakan alat masak yang terbuat dari bahan logam seperti aluminium, baja, dan lainnya dengan fungsi serbaguna. Biasanya panci digunakan sebagai alat untuk merebus masakan. Panci memiliki bentuk silinder sehingga memungkinkan untuk mengolah masakan yang menggunakan air. Alat memasak ini mudah ditemukan di rumah-rumah dan menjadi andalan ibu rumah tangga.

2. Wajan

Sama halnya dengan panci, wajan merupakan alat memasak yang terbuat dari bahan aluminimum dengan fungsi sebagai penggorengan. Wajan digunakan untuk menumis sayuran, menggoreng ikan, tempe, dan aneka jenis masakan yang dapat dibuat dengan wajan. Biasanya wajan dipadukan dengan minyak goreng karena mudah menghantarkan panas.

3. Spatula

Alat ini digunakan untuk mengaduk masakan. Spatula terbuat dari bahan silikon atau plastik yang lentur dan mudah untuk membalik makanan. Sekarang ini bahan untuk membuat spatula juga sudah berkembang seperti terbuat dari bahan kayu. Alat ini memang harus kamu miliki karena jika tidak masakanmu bisa gosong.

4. Kompor

Alat ini merupakan andalan ibu rumah tangga untuk membuat makanan matang yang lezat. Kompor berfungsi sebagai alat masak untuk menghasilkan panas. Makanan yang akan diolah diletakan di dalam panci atau wajan yang sudah diletakan di atas kompor. Jenis - jenis kompor juga bermacam-macam, seperti : kompor gas, kompor listrik, kompor tanam, dan kompor induksi.

5. Pisau Dapur

Pisau dapur berfungsi sebagai alat potong makanan yang akan diolah. Misal, memotong daging sebelum diolah menjadi tongseng maupun memotong sayuran sebelum diolah menjadi tumis.

6. Talenan

Pisau dapur dan talenan memiliki fungsi yang saling berkaitan. Talenan berfungsi sebagai tatakan untuk memotong bahan makanan. Tanpa menggunakan talenan tentu bahan makanan akan sulit dipotong jika hanya menggunakan pisau saja.

7. Teflon

Teflon merupakan nama paten dari bahan pelapis yang mengandung kimia berjenispolytetrafluoroethylene atau PTFE. Bahan pelapis tersebut membuat wajan atau panci menjadi anti lengket dan mudah dibersihkan. Biasanya alat ini digunakan untuk memasak daging, menggoreng ikan, dan bbq.

8. Blender

Alat yang satu ini memiliki fungsi untuk menghaluskan makanan seperti bumbu masakan. Selain itu dapat juga digunakan untuk membuat jus buah. Blender memiliki tipe yang bermacam-macam dengan fungsi berbeda untuk memudahkan urusan dapur.

9. Celemek

Celemek merupakan kain yang digunakan pada bagian depan badan untuk melindungi pakaian dari noda yang dapat timbul saat proses memasak. Kamu perlu mencoba menggunakan celemek karena selain melindungi pakaian juga membuat kamu lebih percaya diri.

10. Baskom

Alat ini dapat kamu gunakan sebagai wadah bahan makanan. Baskom memiliki desain yang multifungsi dan ukuran yang besar sehingga bahan apa saja bisa ditampung. Misalnya, kamu ingin mengolah ikan, maka pindahkan ikan dari plastik ke dalam baskom. Lalu bersihkan bagian sisik dan perut ikan, kemudian beri bumbu dan aduk di dalam baskom.

Baca juga artikel lainnya :

Anda Juga Mungkin Menyukai Beberapa Artikel Ini