Subscribe Dengan Account Google untuk mendapatkan update info terbaru dari property145.com
5 Ide Bekebun Sayuran Dipekarangan Rumah

Sayuran sudah jadi bahan pokok konsumsi rumah tangga kita sehari-hari, kebutuhan pangan akan sayur-sayuran dimasyarakatpun kian meningkat. Hal ini seiring dengan bertambahnya pengetahuan masyarakat akan pentingnya sayuran hijau bagi tubuh.

Menanam sayuran ternyata tidak hanya bisa dilakukan di lahan yang luas, namun menanam sayuran juga dapat dilakukan di lahan yang sempit, kita ambil contoh pekarangan rumah. Dikota-kota besar sedikit sekali orang yang punya pekarangan rumah luas untuk menanam sayur, namun hal ini seharusnya tidak lagi menjadi kendala karena kita bisa menggunakan media tanam pot untuk sayuran.

Sahabat property145 berikut ini beberapa sayuran yang bisa kamu coba tanam dipekarangan rumah Anda :

1) Tanaman Sayuran Selada Air

Bagi kamu yang suka mengonsumsi salad, coba deh menanam tanaman sayuran selada di rumah. Selada sering ditanam secara konvensional maupun hidroponik. Tanaman sayuran ini butuh waktu sekitar 20-30 hari sampai akhirnya panen.

selada air property145
tanaman selada air

Siapkan bibit selada yang berkualitas dan juga media tanam beserta pupuknya. Untuk wadahnya, lebih disarankan kamu menggunakan pot tanaman yang sudah dilubangi pada bagian bawahnya supaya tanaman sayuran selada dapat tumbuh subur. Jangan lupa untuk melakukan penyiraman sebanyak dua kali sehari, ya!

2) Tanaman Sayuran Lobak

Beberapa jenis tanaman lobak sudah bisa panen hanya dalam tiga minggu, lho! Uniknya, tanaman sayuran lobak ini hanya membutuhkan sedikit lahan di kebunmu. Kamu bisa mencoba menanam tanaman sayuran lobak putih untuk mendapatkan manfaat kandungan gizi berupa multivitamin dan juga beta carotene.

lobak dalam pot property145
tanaman lobak

Dalam proses penanamannya, kamu bisa menggunakan polybag untuk pembibitan. Setelah itu, pindahkan ke tanah dengan sedikit jarak supaya tanaman lobak bisa tumbuh dengan subur dan optimal.

3) Tanaman Sayuran Kangkung

Kamu pasti sudah tidak asing lagi ‘kan dengan tanaman sayuran kangkung? Tanaman sayuran ini termasuk salah satu yang paling sering ditemukan dimana-mana dan merupakan menu makan siang favorit yang kerap disajikan ibu rumah tangga. Teknik menanam tanaman sayuran kangkung ini sangat sederhana dan mudah. Pertama-tama, kamu bisa memilih jenis kangkung darat agar lebih cepat panen.

kangkung dalam polybag property145

Setelah itu, lakukanlah penyebaran bibit kangkung steril pada media tanam yang sudah gembur. Ikuti juga dengan pemupukan, penyiraman, dan perawatan memberantas gulma secara berkala. Tanaman sayuran kangkung ini bisa panen dengan rata-rata waktu 25 hari saja.

4) Tanaman Sayuran Bawang Merah

bawang merah polybag property145
bawang merah

Belum sah jika belum ada bumbu dapur bawang-bawangan di menu makanan sehat. Tanaman sayuran bawang merah ini bisa ditanam secara sederhana di rumahmu. Caranya adalah dengan menyediakan sebuah pot kecil, lalu masukkan beberapa potong bagian bawah bawang merah yang masih berakar. Setelah itu, timbun dengan tanah hingga menutup secara merata dan sempurna, kemudian siram dengan air secukupnya. Dalam hitungan beberapa hari, tanaman sayuran bawang merah sudah bisa kamu nikmati.

5) Tanaman Sayuran Bayam

Tanaman sayuran bayam organik bisa siap dipanen dalam waktu 15 hari saja, asalkan kamu menanamnya dengan tepat. Tanaman sayuran bayam dapat tumbuh optimal apabila terkena paparan sinar matahari yang cukup, tidak kurang dari tujuh jam setiap harinya.

Bayam Dalam Polybag property145
bayam

Selain itu, tanaman sayuran ini juga membutuhkan perawatan tanaman yang tepat. Oleh karena itu, kamu harus lakukan penyiraman secara tepat, yaitu dua kali sehari pada masa kecambah dan satu kali sehari sampai bertumbuh dewasa. Jangan lupa, optimalkan juga dengan memberikan pupuk dasar dan pupuk susulan pada tanaman sayuran ini.

baca juga artikel lainya :

Anda Juga Mungkin Menyukai Beberapa Artikel Ini