Subscribe Dengan Account Google Jika Anda Ingin Membaca Artikel Tanpa Iklan
5 Ide Memilih Meja Belajar Anak Tingkatkan Produktifitas

Meja belajar anak menjadi sebuah kebutuhan untuk mendukung tumbuh kembang anak, pemilihan jenis dan desain yang tepat dapat meningkatkan semangat anak Anda untuk belajar. Saat memilih meja belajar kita harus mempertimbangkan kenyamanan anak, karena ini penting agar anak kita betah saat belajar.

Lalu bagaimana cara memilih meja belajar yang pas buat anak kita ?

Berikut ini beberapa tips memilih meja belajar dengan gaya modern untuk kenyamanan tumbuh kembang anak :

Pertama, Periksa Ukuran Meja Belajar

Ini adalah bagian terpenting saat anda memutuskan untuk membeli meja belajar anak. Pertama anda harus tau berapa besar kapasitas ruang belajar anak anda, seetelah tau kapasitas ruangan belajar anak, selanjutnya Anda sudah bisa menentukan meja belajar seperti apa yang mau anda beli.

tips memilih meja belajar anak
meja belajar anak

Pada dasarnya meja belajar yang luas akan membuat anak lebih nyaman. Ukuran meja belajar yang ideal untuk anak-anak adalah yang memiliki lebar 100 cm dan kedalaman 60 cm. Hal tersebut akan membantu, bahkan saat anak Anda belajar dengan 2-3 buku sekaligus.

Namun, Anda juga dapat menemukan meja belajar yang lebih ringkas untuk menghemat ruangan.Meja belajar dengan rak (di atas meja) mungkin akan lebih memakan tempat dan membuat tidak banyak buku yang dapat Anda letakkan saat belajar. Oleh sebab itu, Anda harus mempertimbangkan poin ini agar ruang yang tersisa untuk belajar tidak terlalu sempit.

Kedua, Pilihlah Meja Belajar Sesuai Dengan Tinggi Badan Anak

Hal penting lainnya adalah memilih meja belajar yang tingginya sesuai dengan anak Anda. Tinggi meja belajar yang ideal adalah saat posisi lutut dan siku tangan yang Anda letakkan di atas meja membentuk sudut 90°. Kami juga merekomendasikan meja yang ketinggiannya dapat diatur.

ukuran meja belajar anak
ukuran meja belajar anak

Jadi, saat anak Anda bertumbuh, meja belajar tersebut tetap dapat digunakan. Namun, jika ketinggiannya tidak dapat diatur, Anda dapat mengatur ketinggian kursinya.

Ketiga, Pilih Desain Yang Sederhana Agar Anda Dapat Meletakanya di Sisi Ruang Manapun

Bagi Anda yang ingin meletakkan meja belajar di ruang tamu, kami sarankan untuk memilih produk dengan desain yang sederhana. Meja belajar dengan desain yang simpel akan lebih nyaman digunakan karena cocok dengan berbagai interior dan dapat digunakan oleh semua usia.

meja belajar anak modern
meja belajar anak modern

Jika Anda membelikan meja belajar untuk anak saat memasuki sekolah dasar, meja dengan desain sederhana mungkin akan terlihat terlalu dewasa untuk usianya. Namun, Anda dapat melengkapinya dengan alas meja atau bantal dengan karakter yang disukainya. Jadi, meja belajar tersebut dapat terlihat lebih colorful.

Keempat, Pilih Meja Belajar Lengkap

Bagi Anda yang hobi mendesain ruangan dengan tema-tema tertentu, meja belajar yang dijual dalam bentuk set atau paket dapat menjadi pilihan. Anda dapat memiliki meja belajar lengkap dengan kursi dan rak yang memiliki warna serupa sehingga lebih matching dengan interior ruangan anak.Rak dan kursi yang terpisah membuat Anda dapat menata posisinya sesuai keinginan.

Meja Belajar Anak Minimalis
Meja Belajar Anak Minimalis

Saat anak Anda tidak menggunakan meja, rak dapat Anda simpan di bagian bawah meja. Namun, saat anak Anda sedang menggunakan meja belajar, Anda dapat menarik rak ke sisi meja untuk menaruh ransel. Dengan demikian, area di sekitar kaki akan lebih luas. Akan tetapi, meja belajar yang dijual sepaket dengan rak dan kursi seperti ini masih jarang ditemukan di pasaran online Indonesia.

Kelima, Periksa Sebelum Membeli Apakah Meja Jadi Atau Rakitan

Sebelum Anda membeli sebuah produk, pastikan dahulu apakah produk tersebut sudah jadi atau berupa jenis rakitan. Biasanya, produk rakitan dijual dengan harga yang lebih murah.Meja belajar memiliki bentuk yang cukup rumit sehingga beberapa produk rakitan mungkin akan sulit dikerjakan.

desain unik meja bejar anak
desain unik meja bejar anak

Jika Anda tidak percaya diri atau tidak memiliki ruang yang cukup untuk merakit sendiri, sebaiknya Anda memilih produk jadi. Dalam hal ini, Anda mungkin akan menanggung biaya pengiriman yang lebih besar. Oleh sebab itu, cermatilah deskripsi produk sebelum membelinya.

Baca artikel lainya :