Subscribe Dengan Account Google untuk mendapatkan update info terbaru dari property145.com
5 Ide ventilasi Rumah Untuk Keluarga Sehat

Ventilasi merupakan bagian terpenting dari sebuah rumah, hal ini karena ventilasi menentukan kapasitas ketersediaan oksigen dalam rumah itu sendiri. Tentunya setiap orang menginginkan hunian yang sejuk, tidak panas dan juga ramah anak, semua ini akan kamu dapatkan bila penempatan ventilasi tepat.

Sirkulasi udara yang sehat membuat udara dalam rumah akan terasa segar, keadaan ini akan membuat suasana rumah menjadi nyaman dan bikin betah dirumah.

property145.com merangkum ide-ide ventilasi rumah untuk rumah sehat anda.

1) Ventilasi Rumah dari Kaca Nako

kaca nako property145

Jenis ventilasi rumah dari kaca nako ini secara desain sangat mirip dengan jalusi atau krepyak. Perbedaannya memang hanya terletak pada material pembuatnya yang bukan dari bahan kayu namun dari bahan kaca.

Keuntungan lainnya, ventilasi kaca nako memiliki sistem yang fleksibel sehingga ukuran bukaan sirkulasi mudah diatur sesuai keinginan.

Saat ini, ventilasi kaca nako banyak digunakan sebagai ventilasi rumah minimalis modern dengan konsep yang lekat dengan alam.

Sayangnya, karena bahannya terbuat dari kaca, jenis ventilasi ini tidak terlalu aman dan dari segi harga relatif lebih mahal.

2) Loster, Ventilasi Rumah Dekoratif

ventilasi loster property145

Ventilasi rumah yang satu ini dapat memberikan tampilan yang berbeda pada rumahmu. Celah-celah pada ventilasi rumah ini sengaja dibentuk untuk memperlihatkan sebuah pola atau motif tertentu. Ukiran cerah ini yang membuat loster juga berfungsi sebagai dekor ruangan.

baca juga : Simulasi Perhitungan KPR

Selain itu, ventilasi rumah ini juga terbuat dari berbagai variasi material, seperti kayu, semen, ataupun keramik. Karena keunikannya ini, loster adalah salah satu ventilasi rumah yang juga bisa digunakan sebagai variasi sekat ruangan atau pagar rumah.

3) Ventilasi Rumah dengan Jalusi

ventilasi rumah dengan jalusi property145

Jalusi merupakan salah satu jenis ventilasi rumah alami yang dipasang pada jendela horizontal. Ventilasi rumah yang satu ini tersusun atas kisi-kisi, yang diantaranya terdapat celah untuk jalur masuknya udara dan cahaya.

Penggunaan jalusi sebagai ventilasi rumah dapat mengontrol intensitas cahaya yang masuk ke dalam rumah karena material penyususnya mampu menyerap dan memantulkan cahaya berlebih. Dengan strukturnya yang berkisi, ventilasi rumah ini mampu menyaring udara kotor yang masuk.

Jalusi juga mudah untuk dibuka dan ditutup, sehingga penggunaanya dapat diatur sewaktu-waktu, sesuai dengan kebutuhan ruang.

4) Sistem Ventilasi Rumah Mekanis

ventilasi mekanis property145

Pada rumah yang menerapkan sistem ventilasi mekanis, biasanya ventilasi rumah yang digunakan adalah kipas penghisap (exhaust fan). Penyaring udara ini dipasang di atas plafon di tiap-tiap ruangan, terhubung dengan jalur aliran udara yang berpusat pada Heat Recovery Unit (MVHR) yang diletakan loteng.

Pada mesin tersebut, udara yang telah terhisap terlebih dahulu diekstraksi. Hasilnya udara yang bersih akan disalurkan kembali ke dalam ruangan, sedangkan udara yang tercemar akan dibuang ke luar rumah. Ventilasi rumah dengan sistem mekanis sangat efektif dalam membersihkan udara yang terkontaminasi, bahkan bisa menjebak debu dan serangga.

5) Ventilasi Rumah Tambahan untuk Dapur dan Kamar Mandi

Dapur dan kamar mandi di rumah memang sebaiknya memiliki sistem ventilasi rumah sendiri. Aktivitas yang dilakukan di dapur dan kamar mandi menghasilkan uap air yang bertemperatur tinggi. Untuk itu, diperlukan sebuah sistem ventilasi rumah khusus pada kedua ruangan tersebut untuk menghilangkan uap air yang panas yang muncul saat memasak ataupun saat menggunakan air panas di kamar mandi.

ventilasi dapur property145

Apabila uap air yang panas tidak dibuang atau disalurkan keluar, maka udara panas akan melingkupi sekitar dapur dan kamar mandi. Hal ini dapat menganggu jalur udara bersih yang mengalir di dalam ruangan, sehingga ruangan menjadi terasa pengap. Untuk kamar mandi, kamu bisa menggunakan sejenis blower atau local exhaust fan, sedangkan untuk dapur adalah cooker hood yang diletakan di atas kompor. Sistem ventilasi rumah ini bekerja dengan kaidah sistem ventilasi mekanis.

Rumah yang sehat adalah rumah yang ruang udaranya tercukupi, semoga rangkuman ide desain ventilasi diatas bermanfaat untuk sahabat property145.

baca artikel lainya :

Anda Juga Mungkin Menyukai Beberapa Artikel Ini