Subscribe Dengan Account Google untuk mendapatkan update info terbaru dari property145.com
5 Manfaat Buah Jeruk yang Jarang Diketahui

Siapa yang tidak mengenal buah jeruk? buah dengan nama latin citrus sinensis dikenal memiliki kandungan vitamin C yang tinggi. Buah jeruk memiliki cita rasa asam-manis yang menyegarkan bagi tubuh. Terdapat beberapa macam buah jeruk yang umum dikonsumsi, seperti jeruk pontianak, jeruk mikam, jeruk mandarim, jeruk navel, jeruk bali, jeruk keprok, dan jeruk manis.

Jeruk yang belum matang memiliki rasa asam dan jika sudah matang rasanya menjadi manis. Buah jeruk banyak dijual dipasar swalayan, minimarket, supermarket, dan toko buah-buahan. Cita rasanya yang manis dan khasiatnya yang banyak membuat masyarakat senang mengonsumsi buah jeruk.

Yuk simak penjelasan di bawah ini mengenai macam-macam manfaat dari buah jeruk.

1. Menjaga Sistem Kardiovaskular

Buah Jeruk // Foto : theleadsouthaustralia.com.au

Sistem kardiovaskuler merupakan organ sirkulasi darah yang terdiri dari jantung, komponen darah dan pembuluh darah yang berfungsi memberikan dan mengalirkan suplai oksigen dan nutrisi keseluruh jaringan tubuh. Untuk menjaga agar sistem kardiovaskuler tetap dalam kondisi baik maka dibutuhkan kandungan serat serta antioksidan flavonoid dan vitamin C.

Selain kaya vitamin C buah jeruk juga memiliki kandungan vitamin A, B6, folat, dan kalium. Cara mengonsumsi buah jeruk dapat dilakukan dengan dimakan langsung, atau dibuat minuman dan salad. Pada pagi hari buah jeruk cocok dikonsumsi setelah berolahraga dengan diolah menjadi jus jeruk.

2. Mengatur Tekanan Darah Tinggi

Buah jeruk juga berfungsi untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Hal ini dikarenakan di dalam buah jeruk mengandum enzim pektin, vitamin C dan fitonutrisi. Enzim pektin pada buah jeruk dapat berfungsi untuk memperkecil penyumbatan pembuluh darah. Sementara kandungan vitamin C dan fitonutrisi akan berperan dalam menurunkan darah tinggi.

3. Meringankan Penyakit Kanker

Dikutip dari cigna.co.id buah jeruk juga dapat membantu meringankan penyakit kanker. Review dari 14 kajian literatur menunjukan bahwa risiko penyakit kanker di pencernaan berkurang 28% dengan makan tiga jeruk per minggu.

Kandungan vitamin C yang tinggi pada buah jeruk dapat berfungsi untuk melawan zat radikal bebas. Hal ini menandakan jika kamu secara rutin mengonsumsi buah jeruk maka dapat menurunkan risiko penyakit kanker. Selain itu, buah jeruk juga dipenuhi dengan senyawa float, vitamin C, beta cryptoxanthin, beta karoten, dan naringenin yang dipercaya dapat mengurangi risiko kanker payudara.

Namun semua hal itu juga harus diimbangi dengan sistem pola hidup yang sehat. Karena mengkonsumsi segala sesuatu berlebihan juga tidak baik bagi tubuh. Konsumsilah secukupnya sesuai dengan kondisi tubuh.

4. Meningkatkan Kesehatan Tulang

Pada penelitian yang dipublikasikan dalam sebuah jurnal berjudul "Journal of Bone and Mineral Research" menemukan bahwa vitamin C yang dihasilkan oleh jeruk dapat meningkatkan kepadatan mineral tulang. Penelitian ini masih terus di dalami untuk mendapatkan hasil yang lebih akurat.

Kadar vitamin C yang cukup pada tubuh dapat menstimulasi produksi sel-sel pembentuk tulang. Selain itu, kadungan kalsium pada buah jeruk juga bagus untuk para penderita osteoporosis. Sehingga buah jeruk cocok dikonsumsi oleh usia muda sampai dengan lansia.

5. Menjaga Kesehatan Kulit


Jus Jeruk // Foto : shutterstock.com

Yang satu ini sudah bukan rahasia umum lagi, dengan rajin mengonsumsi buah jeruk akan membuat kulitmu lebih sehat. Kandungan antioksidan yang banyak terdapat pada buah jeruk bisa membantu kulit melawan radikal bebas. Zat radikal bebas merupakan salah satu penyebab penuaan dini pada kulit, seperti timbulnya kerutan dan flek-flek hitam yang disebabkan oleh menurunnya produksi kolagen pada tubuh.

Baca juga artikel lainnya :

Anda Juga Mungkin Menyukai Beberapa Artikel Ini