Subscribe Dengan Account Google untuk mendapatkan update info terbaru dari property145.com
5 SEO Tools Murah dan Gratis Cek Performa Website

Menjalankan strategi berupa optimasi memang penting bagi kamu si pemilik website, terlebih jika kamu harus mengelolanya sendiri. Ada dua cara untuk mengoptimasi website-mu, yaitu secara on-page dan off-page. Tak perlu khawatir, karena saat ini ada berbagai SEO tools yang dapat membantumu memastikan seberapa baik penerapan strategi SEO yang sudah kamu lakukan.

Berikut beberapa tools analisis yang bisa membantu kamu meningkatkan performa SEO website yang kamu kelola

1) SEMrush

semrush keyword overview
semrush keyword overview // foto dewaweb.com

SEO tool yang dirilis pada tahun 2008 ini bisa kamu manfaatkan untuk mengoptimasi website. Tool ini dapat memberikan panduan terkait apa yang perlu kamu lakukan ari dashboard. Tanpa memakan waktu lama, kamu bisa mengetahui apa yang kurang dari website-mu dan bagaimana cara mengoptimasinya.

Tampilan muka (interface) SEMrush bisa dengan mudah kamu gunakan dan fitur analisisnya terbilang cukup lengkap. Sebut saja fitur audit website dan tracking keyword untuk menentukan kata kunci yang cocok kamu gunakan untuk website, terutama blog.

2) Google Search Console

google search console
google search console

Mengingat kebanyakan website mengejar peringkat di mesin pencari Google, mengapa tidak memanfaatkan fitur Search Console dari Google? Google Search Console merupakan sebuah software yang mudah digunakan dan akan menunjukkan garis besar proses Google menampilkan hasil pencarian.

Selain itu, kamu juga dapat mengetes, apakah konten dari sebuah situs cukup relevan dengan kata kunci dari pencarian tersebut.

Kamu juga bisa memanfaatkan Google Webmaster Tools untuk menganalisis sebuah konten hanya dengan memasukkan URL. Setelah itu, kamu akan melihat hasil analisisnya, apakah konten tersebut sudah memenuhi standar web SEO dari Google atau belum. Setiap minggunya, kamu bisa mendapat kuota penggunaan fitur fetch ini hingga 500 kali.

3) Hubsport Website Grader

website grader seo tool
website grader seo tool

Tahun 2007, HubSpot merilis sebuah tool yang bisa menganalisis pemakaian SEO serta relevansi SEO terhadap keseluruhan website bernama Website Grader. Di versi terbarunya, HubSpot membuat Website Grader sebagai SEO tool dengan sistem laporan yang lebih personal. Laporan tersebut nantinya akan berdasar pada metrik kunci seperti di bawah ini:

  • PerformanceMenganalisis ukuran dari masing-masing halaman di situs, menguji kecepatan, keamanan, dan sebagainya.
  • Mobile ReadinessMemastikan website dapat diakses dengan mudah melalui perangkat smartphone alias mobile friendly.
  • SEOUntuk menganalisis apakah suatu halaman atau keseluruhan halaman di website sudah memenuhi kriteria SEO (SEO friendly). Analisis ini dilakukan berdasarkan judul, sub-heading (jika diperlukan), serta analisa menyeluruh pada alt text untuk gambar dan deskripsi meta dari konten atau artikel.
  • SecurityMemastikan situs sudah memiliki sistem keamanan yang direkomendasikan. Salah satunya yaitu penggunaan sertifikat SSL yang bisa digunakan untuk mengenkripsi sambungan sehingga transfer data antara server dengan receiver (pengunjung) dijamin aman.

Jika setelah dicek website-mu mendapat nilai di atas 67%, berarti website-mu sudah mencapai kualitas di atas rata-rata menurut HubSpot.

4) SEO SiteCheckup

seo site checkup
seo site checkup

Selain menampilkan nilai SEO website-mu, SEO SiteCheckup ini juga memberikan informasi tentang bagaimana kamu dapat meningkatkan kualitas di website-mu hanya dengan memasukkan URL atau link website.

Setelah itu, SEO SiteCheckup akan menampilkan hasil analisis terhadap website-mu, mulai dari penggunaan keyword dan heading, kelengkapan informasi website, tingkat keamanan, bahkan simulasi tampilan website di mobile hingga penghitungan jumlah keyword utama yang paling sering digunakan di website.

Jika belum membuat akun, kamu hanya dapat melakukan check up untuk satu website setiap harinya. Tenang, kamu hanya perlu membuat akun jika ingin melakukan check up hingga lima kali.

Namun, jika kamu perlu membuat laporan hasil analisis untuk banyak website, mungkin kamu dapat membeli paket berlangganan mulai dari Rp300 ribuan per bulan.

Kalau masih ragu, kamu bisa memanfaatkan fitur coba gratis selama 14 hari, cukup dengan mengklik “Free Tools” pada baris menu di sebelah kanan atas.

5) Moz Pro Tool

mozpro tools keyword suggestions
mozpro tools keyword suggestions // foto dewaweb.com

Jika kamu berlangganan Moz Pro Tools, kamu bisa mendapatkan informasi secara rutin terkait rekomendasi software yang bisa kamu gunakan untuk meningkatkan performa website.

Moz Pro Tools juga memiliki pilihan source yang bisa membantumu mengoptimalkan SEO pada konten di blog atau website. Selain itu, ada pula source untuk meningkatkan website traffic hingga menganalisis konten yang kualitasnya tidak memenuhi standar.

Baca artikel lainya :

sumber referensi : dewaweb.com

Anda Juga Mungkin Menyukai Beberapa Artikel Ini