Subscribe Dengan Account Google untuk mendapatkan update info terbaru dari property145.com
6 Jenis Pondasi Rumah ini Bisa Kamu Gunakan

Saat membangun rumah, pondasi merupakan elemen penting yang tentunya wajib ada saat kamu bangun rumah. Menetapkan jenis pondasi rumah merupakan hal yang paling penting agar perencanaan pembangunan rumah sesuai dengan alokasi anggaran yang tersedia.

Berikut ini berbagai jenis pondasi rumah yang bisa kamu pilih sebelum merencanakan bangun rumah:

1. Pondasi Batu Kali

Dibuat dengan menyusun pondasi batu kali dengan penampang trapesium, persegi empat atau bentuk lainya dengan perekat berupa adukan beton. Cocok digunakan pada tanah keras yang bagus.

2. Pondasi Rollag

Terbuat dari tumpukan pasangan batu bata yang dirangkai dengan pengikat adukan beton. Digunakan pada konstruksi bangunan yang tidak terlalu berat seperti pagar halaman rumah, atau bagian rumah yang terbuat dari material ringan seperti kayu dan bambu.

3. Pondasi Plat Jalur

Merupakan konstruksi beton bertulang yang dibuat memanjang. Dipakai pada konstruksi bangunan dengan beban berat sehingga tetap dapat berdiri kokoh diatasnya.

4. Pondasi Foot Plat

Jenis ini banyak yang salah menyebutnya sebagai pondasi cakar ayam, namun ada perbedaan pada bentuk strukturnya. Pondasi foot plat dapat digunakan pada titik kolom yang direncanakan tumbuh menjadi 2 lantai dikemudian hari.

5. Pondasi Cakar Ayam

Pondasi cakar ayam ini merupakan hasil oleh pikir teknologi putra bangsa yang terinspirasi dari akar pohon kelapa yang mampu menahan pohon yang tinggi menjulang di tepi pantai, meskipun struktur tanahnya lunak.

Jadi, jenis pondasi cakar ayam ini cocok digunakan untuk bangunan yang berdiri diatas tanah lunak.

6. Pondasi Cerucuk Bambu

Terbuat dari beberapa bambu yang ditancapkan dengan kuat kedalam tanah lalu bagian atasnya disatukan menggunakan tali atau beton bertulang.

Penggunaan bambu bisa digantikan oleh pipa pvc yang didalamnya diisi dengan adukan beton sehingga bisa lebih kuat, awet dan mudah dibuat.

Setelah kamu mengetahui beberapa jenis pondasi, sekarang kamu bisa menentukan akan menggunakan jenis pondasi yang mana untuk membangun rumah.

Baca artikel lainya:

Anda Juga Mungkin Menyukai Beberapa Artikel Ini