Subscribe Dengan Account Google untuk mendapatkan update info terbaru dari property145.com
6 Tips Mengatasi Plafon Rumah Agar Tetap Nyaman

Plafon merupakan bagian rumah yang sangat penting karena tinggi rendahnya plafon mempengaruhi sirkulasi udara dalam rumah. Tinggi rendahnya plafon juga mempengaruhi design interior rumah, berikut ini beberapa tips mengatasi tinggi atau rendahnya plafon rumah agar tetap terlihat rapih dan nyaman :

Tips Mengatasi Plafon Rumah yang Terlalu Rendah

1. Memberikan Efek yang Tinggi

Kalau kamu tidak memiliki tinggi plafon ideal rumah minimalis, siasati dengan memberikan efek tinggi pada ruangan. 

Contohnya dengan memajang karya seni berukuran tinggi, kalau bisa memiliki bagian kaki yang langsing.

2. Warna Terang Pada Plafon

Coba untuk mengaplikasikan warna terang pada plafon rumah minimalis, warna terang bisa memberikan efek yang luas. Warna terang ini tentunya bisa memberikan efek tinggi plafon yang ideal, meski sebenarnya memang rendah. 

3. Warna Cat yang Sama untuk Dinding dan Plafon

Tips selanjutnya dalam menyiasati tinggi plafon rumah yang rendah adalah mengaplikasikan warna cat yang sama untuk dinding dan plafon. Cara ini membuat plafon dan dinding seolah menyatu, efeknya rumah terlihat lebih tinggi dari biasanya. 

4. Memiliki Furnitur yang Tidak Tinggi 

Cara lainnya adalah memiliki furnitur dengan bentuk yang tidak tinggi di rumah, baik di ruang tamu, kamar tidur, dan lainnya. Desain rumah yang tidak tinggi ini bisa disiasati dengan perabot rumah berukuran sedang, efeknya rumah tidak terlihat penuh sesak. 

5. Tidak Memasang Lampu Gantung 

Sebaiknya kamu menghindari memasang lampu gantung kalau tinggi plafon rumah memang tidak ideal, pasang saja lampu duduk. Lampu gantung tentu lebih cocok untuk rumah dengan plafon tinggi, sebaliknya rumah bisa terkesan penuh sesak.

6. Memasang Lantai yang Mengkilap

Cara lain untuk menyiasati tinggi plafon rumah yang rendah adalah memasang lantai yang mengkilap dan memantulkan cahaya. Pilihan paling mudah dan murah adalah memasang lantai keramik warna putih, lantai akan memantulkan cahaya sehingga memberikan efek luas. 

Tips Mengatasi Plafon Rumah yang Terlalu Tinggi

1. Menghindari Elemen Vertikal 

Jika plafon rumah terlalu tinggi, kamu memang harus menghindari elemen vertikal seperti wallpaper dengan desain ini, lukisan besar, dan lainnya. Jangan memasang lampu duduk dengan tiang yang tinggi, hal ini juga bisa membuat plafon terlihat terlalu tinggi.

2. Aplikasi Cat Warna Gelap pada Plafon

Kamu bisa mengaplikasikan warna gelap pada plafon, pilihan warna lebih gelap dari dinding rumah seperti abu-abu, cokelat, atau biru. Jika kamu mengaplikasikan warna terang seperti putih pada plafon dan dinding, maka ruangan terlihat terlalu luas. 

3. Memasang Jendela dan Gorden yang Tinggi

Untuk menyiasati tinggi rumah 2 lantai, kamu bisa mengubah besar jendela dengan memasang jendela berukuran besar. Selain itu, pasang juga gorden yang tinggi untuk menyiasati standar tinggi plafon rumah, ruangan menjadi terlihat penuh. 

4. Menambahkan Aksen Warna pada Ruangan 

Saat menyiasati tinggi dinding rumah dan plafon, kamu bisa menambahkan aksen warna pada ruangan. 

Misalnya menaruh furnitur dengan warna gelap, memasang lukisan atau karya seni, pilih warna yang gelap dari warna dinding dan plafon. 

5. Memasang Pembatas pada Dinding 

Kamu bisa memasang semacam pembatas atau juga aksen untuk menyiasati tinggi tembok rumah dan juga plafon.Bisa berupa aplikasi warna berbeda atau memasang balok kayu sebagai aksen ruangan, hal ini seolah membagi tinggi ruangan. 

6. Memasang Lampu Gantung 

Pemasangan lampu gantung bisa dilakukan untuk menyiasati hal ini, seolah-olah tinggi ideal plafon rumah memang pas. Sesuaikan jenis, bentuk, dan besar lampu gantung dengan desain interior rumah, tentunya agar selaras ya. 

Nah buat kamu yang lagi pusing dengan urusan plafon, lagi mikirin interior apa yang pas, tips diatas bisa jadi bahan referensi kamu untuk menentukan interior ruangan yang tepat agar suasana kekiniannya masih bisa kamu rasakan.

Baca artikel lainya :

Anda Juga Mungkin Menyukai Beberapa Artikel Ini