Subscribe Dengan Account Google untuk mendapatkan update info terbaru dari property145.com
Bahan-Bahan Terbaik Untuk Membuat Kusen Pintu

Kokohnya suatu rumah tidak terlepas dari bahan-bahan material yang digunakan untuk membangun rumah tersebut. Salah satu bahan material bangunan yang sering kali dibahas adalah kusen pintu. Pemilihan kusen pintu yang tepat menjadi nilai tambah untuk kenyamanan rumah kita. Dikutip dari berbagai sumber berikut ini referensi bahan material kusen pintu :

1) Kusen Pintu Kayu

Jika dibandingkan, kayu adalah material yang paling sering digunakan untuk kusen pintu dan bagian rumah lainnya. Material kayu memang lebih mudah didesain baik itu dari segi ukuran ataupun warnanya. Anda bahkan bisa melengkapi kusen kayu dengan berbagai jenis ukiran yang akan semakin mempercantik tampilannya.

Sebetulnya, material kayu pun dapat awet dan tahan lama seperti material lainnya jika dirawat dengan baik. Bahkan, tetap dapat disesuaikan dengan gaya modern karena tampilannya yang estetis dan kokoh. Sayangnya, harga material kayu cukup mahal dan membutuhkan perawatan terus menerus dan agak merepotkan.

2) Kusen Pintu Vinyl

Material vinyl sebetulnya dibuat dari bahan PVC (polyvinyl chloride) yang juga digunakan untuk membuat pipa plastik. Dari segi harga, material vinyl cenderung lebih terjangkau dan tidak semahal material lain, terutama kayu. Selain itu, material vinyl juga diketahui sebagai material yang bisa meredam suhu panas dengan baik.

Dari segi ketahanan, material vinyl tidak sekokoh dan seawet material kayu dan tidak dapat bertahan cukup lama. Dari segi kekuatannya pun material vinyl tidak sekuat material lainnya meskipun dibuat dengan desain terbaik.

3) Kusen Pintu Aluminium

Jika bagi Anda daya tahan material lebih penting, maka material aluminium adalah pilihan terbaik. Tampilannya yang lebih modern dapat dengan mudah disesuaikan dengan berbagai jenis gaya desain. Material kusen aluminium pun dapat menghasilkan pencahayaan yang baik, terutama jika materialnya tidak dicat.

Tak perlu khawatir soal daya tahan, karena material aluminium tidak akan rusak oleh panas matahari ataupun oleh rayap. Tapi, seperti halnya segala sesuatu, kusen aluminium pun memiliki kekurangannya tersendiri. Meskipun perawatannya tidak sulit, harga kusen aluminium terbilang lumayan mahal dibandingkan dengan material lainnya. Tentu ini jadi faktor yang memberatkan, apalagi jika berbicara soal efisiensi biaya. Bahkan mungkin, Anda akan membutuhkan lebih banyak biaya untuk kusen aluminium dibandingkan untuk vinyl atau fiberglass.

4) Kusen Pintu Fiberglass

Faktor paling menguntungkan dari material fiberglass adalah daya tahan dan kemudahan perawatannya. Daya tahan material fiberglass mirip seperti yang ditawarkan oleh material vinyl, namun jauh lebih baik. Hal itu disebabkan material fiberglass terbuat dari bahan pembuat kaca dengan kemampuan untuk menyesuaikan dengan cuaca. Tidak hanya itu, material ini juga diketahui memiliki daya tahan yang baik terhadap cuaca dan perubahan suhu ruangan.

Jadi, meskipun Anda tinggal di wilayah dengan perubahan cuaca yang ekstrim, material ini dapat bertahan dengan sangat baik. Namun, semua keunggulan itu tentunya tidak lepas juga dari berbagai kekurangan. Misalnya, dari segi tampilan, material fiberglass tidak terlalu menarik bahkan terkesan biasa saja dan sedikit membosankan. Apalagi soal harga, material fiberglass juga ternyata memiliki harga yang lumayan mahal, meskipun tidak semahal aluminium. Pada akhirnya, orang lebih banyak yang memilih vinyl dibandingkan fiberglass karena dari segi tampilan keduanya cukup serupa.

5) Kusen Pintu Cor

Material lainnya yang umum digunakan untuk membuat kusen ialah beton. Orang mengenal jenis ini sebagai kusen pintu cor. Pengrajin kusen membuat bingkai pintu cor ini dengan metode cetak lalu disambung menggunakan paku dan kawat.

Kelebihan dari kusen pintu cor sendiri ialah:

1) Ukuran tidak mudah menyusut
2) Anti rayap
3) Tidak mudah keropos
4) Mudah dibentuk di awal
5) Bisa memikul beban berat
6) Tahan pada segala cuaca.

Sementara itu kekurangan kusen cor ialah:

1) Sangat berat
2) Sulit diubah jika sudah dipasang

6) Kusen Pintu Baja Ringan

Dari namanya saja sudah tampak jelas bahwa material kusen pintu ini terbuat dari bahan baja namun dengan bobot yang lebih ringan. Kualitasnya sangat kuat bahkan lebih kuat dari aluminium namun tampilannya jauh lebih elegan dan tak terkesan kaku. Meskipun harganya akan sedikit lebih mahal dari aluminium, namun di sisi lain banyak keuntungan yang ditawarkan oleh kusen baja ringan.

Beberapa di antaranya misalnya kusen ini lebih ramah lingkungan, aman, awet, anti air, dan juga anti rayap.

7) Kusen Bahan Campuran

Bila Anda ingin material yang sebagus kayu dan seawet vinyl, mungkin Anda bisa mencoba membuat kusen dari bahan campuran. Pasalnya, kusen ini terbuat dari kombinasi dua bahan yaitu kayu dan vinyl yang membuat kualitasnya semakin unggul. Tak hanya itu, Anda juga bisa memilih kusen yang terbuat dari kombinasi material kayu dan aluminium yang menawarkan tampilan berbeda.

Sahabat property145 bijaklah dalam memilih bahan material bangunan, sesuaikan dengan anggaran belanja Anda, namun satu hal yang harus di ingat utamakan bahan-bahan meterial yang memberikan keamanan dan kenyamanan untuk penghuninya.

Baca artikel lainya :

Anda Juga Mungkin Menyukai Beberapa Artikel Ini