Subscribe Dengan Account Google untuk mendapatkan update info terbaru dari property145.com
Berencana Beli Rumah, Yuks Cari Tahu Tentang PPN

Rumah adalah tempat pulang yang paling nyaman, tempat kita membangun mimpi menyongsong mada depan yang lebih baik. Rumah yang nyaman merupakan idaman setiap orang, sehingga kita semua berlomba-lomba menjadikan rumah kita seindah dan senyaman mungkin.

Jika akhir tahun ini Anda berencana untuk membeli rumah dari developer, itu merupakan keputusan yang tepat. Harga rumah tiap tahun semakin naik, membeli rumah butuh persiapan, tidak hanya soal dana tapi juga soal pengetahuan. Salah satunya pengetahuan tentang PPN. Apa itu PPN, yuks baca ulasan berikut ini :

Apa Itu PPN ?

Sebelum membahas cara menghitung PPN, tentu kamu perlu mengenal lebih detail apa itu PPN. PPN sendiri merupakan singkatan dari Pajak Pertambahan Nilai. Pungutan pajak ini dibebankan atas transaksi jual-beli barang dan jasa yang dilakukan oleh wajib pajak pribadi atau wajib pajak badan yang telah menjadi Pengusaha Kena Pajak (PKP). Penjual bertugas memungut, menyetor, dan melaporkan PPN, sedangkan pihak pembeli wajib membayar PPN tersebut.

Apabila kamu membeli rumah baru dari developer, maka biaya PPN akan dibayarkan melalui developer atau biasanya sudah dibuat termasuk dalam nilai jual rumah. Sebaliknya, jika kamu membeli rumah dari perorangan, maka kamu perlu membayar ke kantor pajak.

new life co-living
new life co-living // foto lucasuk.com

Tarif PPN Menurut Undang-Undang Yang Berlaku

Tarif PPN diatur dalam Undang-undang nomor 42 tahun 2009 pasal 7. Bunyinya adalah ”Tarif PPN (Pajak Pertambahan Nilai) adalah 10% (sepuluh persen).” Dengan catatan, tarif pajak tersebut dapat berubah menjadi paling rendah 5% dan paling tinggi sebesar 15% sebagaimana diatur oleh Peraturan Pemerintah. Dari tarif inilah kamu bisa melakukan cara menghitung PPN dengan mudah.

Cara Sederhana Menghitung PPN

Sesuai dengan penjelasan sebelumnya, tarif PPN yang berlaku adalah 10%. Jadi, cara menghitung PPN adalah mengalikannya dengan nilai jual rumah. Misalnya, harga jual rumah Rp300.000.000. Maka untuk mendapatkan nominal PPN, Rp300.000.000 x 10% = Rp30.000.000. Ternyata, cara menghitung PPN sangat mudah, bukan?

Baca juga artikel berikut ini :

Sebelum Membeli, Pastikan Harga Jual Rumah

Selama belum ada keputusan dari pemerintah, maka besar PPN yang akan dikenakan adalah 10%. Nah, yang perlu kamu perhatikan adalah harga jual rumah yang hendak kamu beli. Cara menghitung PPN yang sah adalah dikalikan dengan harga jual rumah pada saat transaksi berlangsung.

Sebagai contoh, misalnya kamu mengincar sebuah rumah pada tahun 2020, tapi transaksi jual beli rumah terjadi pada tahun 2021. Maka cara menghitung PPN yang benar adalah harga jual rumah tahun 2021 dikali 10%, bukannya dikalikan dengan harga jual rumah yang kamu ketahui pada tahun 2020. Dengan demikian, pastikan kembali harga jual rumah kepada pihak penjual supaya bisa menyiapkan budget yang tepat!

stasiun rawa buntu
stasiun rawa buntu

Program Diskon PPN

Cara menghitung PPN memang mudah, tapi nominalnya sering kali cukup mengejutkan karena sangat besar. Untungnya, pemerintah mengadakan program diskon 100% untuk PPN rumah baru. Secara tidak langsung, itu artinya pemerintah menanggung biaya PPN dan kamu tidak perlu membayar sepeser pun. Tujuan program ini adalah untuk meningkatkan daya beli masyarakat.

Namun, ada syarat dan ketentuan yang perlu dipahami terlebih dulu. Program diskon ini berlangsung dari 1 Maret 2021 hingga 31 Agustus 2021 saja. Rumah tapak dengan harga maksimal Rp2 milyar akan diberi diskon 100% PPN. Sedangkan, rumah tapak dengan kisaran harga Rp2 milyar hingga Rp5 milyar akan diberi diskon PPN sebesar 50%.

Demikianlah cara menghitung PPN untuk kamu yang hendak membeli rumah baru. Kamu tidak boleh lupa menambahkan PPN ke dalam rencana budgeting. Pasalnya, nominal ini cukup besar. Siapkan dana dari jauh-jauh hari supaya tidak panik mengumpulkan uang saat resmi melakukan pembelian rumah. Jika membeli rumah dari developer, silakan memastikan apakah harga jual rumah sudah termasuk nominal PPN atau belum.

Sahabat property145 jika Anda ingin merencanakan beli rumah di tahun ini, Anda bisa mencari informasi rumah melalui agen properti di property145.com.

Baca artikel lainya :

Tagged :

Anda Juga Mungkin Menyukai Beberapa Artikel Ini