Subscribe Dengan Account Google untuk mendapatkan update info terbaru dari property145.com
Berwisata di Kota Palembang

Sebuah Kota di Sumatera Selatan yang terkenal akan wisata kuliner pempeknya yaitu Kota Palembang. Kota ini dilintasi oleh salah satu sungai terpanjang di Indonesia yaitu Sungai Musi dengan panjang 750 KM. Sungai Musi membelah Kota Palembang menjadi dua wilayah yang dihubungkan oleh Jembatan Ampera.

Uniknya sebagai salah satu kota yang dilintasi sungai terpanjang di Indonesia, masyarakat di sekitar Sungai Musi sampai saat ini masih memanfaatkan sungai sebagai alat transportasi. Untuk mencapai Kota Palembang dapat diakses dengan menggunakan jalur darat melalui Tol Trans Sumatera dan jalur udara melalui Bandara Internasional Sultan Mahmud Badaruddin II.

Pelabuhan Merak

Pelabuhan Merak // Foto : Fidiyati

Jika kamu adalah wisatawan yang berasal dari pulau Jawa, Jakarta misalnya. Kamu bisa memilih transportasi udara melalaui Bandara Soekarno Hatta atau dengan transportasi laut melalui Pelabuhan Merak dan lanjut melintasi Tol Trans Sumatera. Waktu tempuh yang dibutuhkan dengan menyebrang dari Pelabuhan Merak sekitar 2 jam untuk sampai di Pelabuhan Bakauheuni.

Sementara dari Pelabuhan Bakauheuni menuju Kota Palembang membutuhkan waktu tempuh sekitar 7 jam. Keuntungan yang bisa kamu dapatkan dengan jalur laut dan darat adalah kamu bisa menikmati pemandangan indahnya lautan biru dan pepohonan yang masih asri disepanjang Tol Trans Sumatera.

Landmark Kota Palembang

Jembatan Ampera // Foto : Fidiyati

Tempat yang wajib kamu kunjungi ketika berwisata ke Palembang adalah Jembatan Ampera (amanat penderitaan rakyat). Jembatan Ampera merupakan landmark atau lambang Kota Palembang. Pembangunan jembatan dilakukan pada tahun 1962 dan selesai pada tahun 1965 dengan tujuan untuk menghubungkan dua daerah di Kota Palembang yang berada di hulu dan hilir.

Sekarang Jembatan Ampera dijadikan sebagai destinasi wisata yang selalu ramai pengunjung. Jembatan bewarna merah yang membentang di bawah langit biru memiliki keindahan yang memukau. Bahkan ketika malam hari akan ada lampu yang menghiasi jembatan.

Berkeliling Sungai Musi

Perahu // Foto : fidiyati

Tidak jauh dari Jembatan Ampera terdapat kapal-kapal yang berfungsi sebagai alat transportasi sungai. Mulai dari kapal milik warga atau disebut ketek, speed boat, dan kapal yang bersandar di dermaga point. Untuk harga kapal ketek berada di kisaran 200.000 - 300.000 PP mengelilingi Sungai Musi.

Kalau kamu bersama rombongan/tim harga sewanya dapat lebih murah, tergantung pandai-pandainya kamu menawar. Setelah asyik berkeliling Sungai Musi dengan menggunakan kapal ketek, perut mulai terasa lapar. Bagaimana kalau kamu berkunjung ke Kampung Pempek, sebuah tempat wisata kuliner di Kota Palembang yang mesti kamu kunjungi.

Wisata Kuliner Pempek

Kampung Pempek Palembang // Foto : Fidiyati

Kampung Pempek berada tidak jauh dari Jembatan Ampera, sekitar 5-10 menit dengan kendaraan bermotor. Disana terdapat satu gang yang seluruhnya menjual pempek dengan brand yang berbeda-beda. Harga pempek juga bervariasi mulai dari 1.000-15.000 rupiah. Terdapat beberapa jenis pempek, seperti : pempek kapal selam, lenjer, lenggang, adaan, pastel, kulit, dan keriting.

Yang berbeda dari pempek di kota - kota lainnya adalah pempek di Kota Palembang memiliki cita rasa yang gurih khas ikan tenggiri dengan kuah cuka yang lezat. Uniknya para penjual memiliki cita rasa kuah yang berbeda-beda sehingga memperkaya cita rasa pempek.

Pempek Palembang // Foto : Dhea Rahmadania

Gambar di atas adalah satu contoh dari pempek kapal selam yang dibeli di Kampung Pempek. Harga pempek kapal selam sekitar 10.000-15.000 rupiah. Ukuran satu porsinya cukup membuat kenyang dan tentu rasa gurihnya membuat nagih ingin mencobanya lagi.

Selain pempek juga ada kerupuk ikan tenggiri yang sudah terkenal di berbagai daerah. Rasa kerupuknya sangat gurih apalagi dipadukan dengan sambal khusus yang sudah tersedia. Harganya cukup murah mulai dari 15.000-30.000 rupiah tergantung ukuran yang kamu pilih.

Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II

Bandara di Palembang // Foto : Runway Aviation

Setelah asyik berjalan - jalan saatnya kembali ke tempat asal. Kamu bisa mencoba menggunakan transportasi udara melalui Bandara Internasional Sultan Mahmud Badarudiin II yang dapat ditempuh sekitar 30 menit dari pusat Kota Palembang.

Menyenangkan bukan berwisata singkat di Kota Palembang. Kira-kira bagaimana apakah kamu tertarik untuk berwisata di Kota Sriwijaya itu? Yuk bagikan cerita pengalaman wisatamu di Kota Palembang ataupun kota-kota lainnya.

Baca juga artikel lainnya :

Anda Juga Mungkin Menyukai Beberapa Artikel Ini