Subscribe Dengan Account Google untuk mendapatkan update info terbaru dari property145.com
Cara Memperoleh Data Perubahan Lahan Time Series dengan Google Earth Pro

Perubahan penggunaan lahan merupakan proses bertambah atau berkurangnya suatu bentuk fungsi lahan menjadi bentuk lainnya yang dapat terjadi dalam kurun waktu berbeda. Untuk mengetahui adanya perubahan lahan dapat dilakukan dengan melihat data time series pada citra.

Time series bertujuan untuk melihat perubahan dalam waktu tertentu sesuai dengan kebutuhan data. Misalnya ingin mengetahui perubahan lahan di Kabupaten Karawang per 1 tahun dalam 5 tahun terakhir. Yuk simak berikut ini tahapan / proses memperoleh data perubahan penggunaan lahan dengan menggunakan Google Earth Pro.

1. Pastikan Sudah Memiliki Google Earth Pro

Langkah pertama, kamu harus sudah memiliki software Google Earth Pro. Jika belum, kamu dapat mendownloadnya terlebih dahulu, kemudian di install. Perlu diketahui Google Earth Pro merupakan software lanjutan dari Google Earth yang dilengkapi dengan fitur yang lebih canggih, seperti mampu mengukur bangunan 3D dan dapat memberikan tampilan gambar HD sampai dengan 4800 piksel. Dengan menggunakan Google Earth Pro ini kamu bisa melihat tampilan citra satelit diseluruh dunia.

citra satelit kabupaten karawang
Tampilan Citra Satelit Kabupaten Karawang

2. Cari Daerah yang Ingin Diketahui Perubahan Lahannya

Buka software Google Earth Pro kemudian fokus pada kolom pencarian atau search. Ketik daerah yang ingin kamu ketahui perubahan lahannya, misal Kabupaten Karawang. Setelah itu klik search maka secara otomatis Google Earth Pro akan mengarahkan tampilan layar ke dalam Kabupaten Karawang. Kemudian atur posisi layar sampai tepat mengarah pada lokasi yang kamu inginkan.

3. Add Placemark

Add placemark bertujuan untuk menandai titik-titik koordinat lokasi yang kamu inginkan. Tandai sebanyak 4 titik pada sudut kanan atas, kiri atas, kiri bawah, dan kanan bawah. Setelah itu, untuk mengatur data tahun yang diinginkan dapat menggunakan tool show historical imagery. Tool ini akan membantu kamu dalam menampilkan data citra sesuai dengan kondisi eskisting. Untuk melihat lebih detail dari penggunaan lahan kamu hanya perlu melakukan zoom in dan zoom out pada layar.

kabupaten karawang
Kabupaten Karawang

4. Download Citra dengan Universal Maps Downloader (UMD)

Tidak cukup rasanya jika data time series hanya untuk dilihat-lihat saja di Google Earth Pro. Pasti kamu tentunya ingin memperoleh data tersebut dalam bentuk citra untuk diolah kembali. Oleh karena itu terdapat software tambahan untuk mendownload citra tersebut yang bernama Universal Maps Downloader (UMD).

Dengan UMD kamu bisa mendownload data pada google earth pro dalam bentuk umd. Kelebihan dari data ini sudah memiliki koordinat sehingga kamu tidak perlu mengatur koordinatnya lagi di ArcGIS. Setelah memiliki software UMD selanjutnya buka software tersebut dan masukan dua koordinat pada Google Earth Pro.

Koordinat yang digunakan yaitu pada titik 1 (kiri atas) dan titik 3 (kanan bawah). Pastikan koordinat yang kamu masukan adalah data latitude dan longitude dan sebelum dimasukan harus klik reset terlebih dahulu di Google Earth Pro agar koordinatnya akurat.

Setelah itu, ikuti ketentuan pada gambar di bawah ini. Untuk zoom level kamu bebas menentukan sesuai dengan tingkat kedetailan yang diinginkan. Kemudian klik start dan tunggu sampai proses download selesai. Lalu pada tools pilih map combiner. Lakukan proses ini pada keseluruhan data time series.

universal map downloader
Universal Maps Downloader

Baca artikel lainya :

Anda Juga Mungkin Menyukai Beberapa Artikel Ini