Subscribe Dengan Account Google Jika Anda Ingin Membaca Artikel Tanpa Iklan
Co-Living Cara Hidup Anak Muda Jaman Now

Konsep hunian co-living saat ini sudah menjadi trend di Indonesia. Bentuknya berupa kamar kos, apartemen, hingga sebuah rumah. Fasilitas di dalamnya juga sudah mendukung pekerjaan bahkan sebuah bisnis. Misalnya ruang kerja, ruang meeting, bahkan bisa juga menyediakan sebuah ruang seminar.

Co-living menjadi pilihan saat masa pandemi seperti sekarang ini, selain bekerja dengan waktu yang lebih flexible teryata WFH juga memberikan banyak peluang dan pergeseran baru pada perkembangan bisnis properti. Berikut ini beberapa kelebihan CO-LIVING.

Keuntungan Co-Living

Bekerja dan hidup dengan co-living memberi banyak manfaat untuk meningkatkan karir bahkan bisa menjadi sarana untuk mengembangkan bisnis yang Anda rintis. Berikut ini adalah beberapa keuntungan dari co-living.

Memperluas Relasi

Sebuah relasi tentu penting bagi perkembangan karir dan bisnis seseorang. Namun perlu diakui tidak semua orang memiliki tingkat kepercayaan diri yang cukup ketika ingin dan sedang menjalani sebuah relasi dengan seseorang. Masing-masing tentu memiliki kepribadian yang berbeda, bahkan sulit untuk diubah.

Baca juga : 5 ide memilih meja anak tingkatkan produktifitas

Orang dengan kepercayaan diri yang kurang serta relatif lebih tertutup bisa mulai melatih diri dengan co-living. Di sana akan ada banyak orang dari berbagai latar belakang akan mencoba saling membangun relasi. Cobalah untuk mulai sedikit terbuka namun tidak perlu dipaksakan. Karena memang untuk menjadi seseorang yang terbuka membutuhkan waktu yang tidak sebentar.

Memiliki Wawasan Yang Lebih

Co-living banyak diisi oleh anak muda yang sedang panas-panas dalam mengembangkan diri dan karir. Dengan latar belakang yang berbeda, Anda tentu bisa saling berbagi pengetahuan bersama dengan yang lainnya. Anda akan mendapatkan wawasan dan pandangan yang baru mengenai karir dan bisnis yang sedang dijalani.

new life co-living
new life co-living // foto lucasuk.com

Bisa Mendapatkan Pekerjaan Lain

Relasi yang terbangun dengan baik dalam co-living, tentu menjadi kesempatan bagi Anda untuk mendapatkan pekerjaan sampingan. Penghasilan tambahan tersebut tentu menjadi kesempatan yang bagus bagi Anda.

Contohnya, jika penghuni co-living lain sedang membangun sebuah website, Anda mungkin bisa membantu desain website karena sesuai dengan kemampuan Anda. Pekerjaan juga akan mudah diselesaikan, karena Anda tinggal bersama sehingga diskusi menjadi lebih sering.

Mengurangi Biaya Operasional

Bisnis rintisan atau startup tentu harus betul-betul teliti dalam mendesain rancangan finansial keuangannya. Salah satu cara dalam mengurangi biaya operasional bisa dengan menerapkan konsep co-living di perusahaan Anda.

Tim akan bekerja lebih efektif karena berada dalam satu gedung yang sama, terlebih bagi mereka yang rumahnya jauh bahkan di luar kota. Selain menghemat biaya operasional, Anda juga bisa membangun tim yang kompak dan chemistry yang kuat karena tinggal bersama-sama.

Memulai Bisnis Bersama  

Merintis bersama dalam hunian co-living bisa dilakukan. Terlebih mereka yang tinggal bersama biasanya lebih mudah dalam mendiskusikan sebuah bisnis. Selain itu penyelesaian menjadi lebih muda, koordinasi tim lebih efektif, serta rancangan produk bisa dilakukan secara bersama-sama.

Selain itu Anda tidak perlu meeting di tempat sewa yang membutuhkan biaya mahal. Meeting bisa dilakukan di area kerja atau tempat lain yang memungkinkan. Tentu perusahaan yang Anda bangun akan menjadi lebih hemat.

Baca artikel lainya :

sumber referensi : rumah.com