Subscribe Dengan Account Google untuk mendapatkan update info terbaru dari property145.com
Ingin Sofa Tetap Awet? Yuk Ketahui Solusinya

Memiliki furnitur yang lengkap di rumah merupakan idaman bagi setiap orang. Barang-barang seperti meja dan kursi adalah dua benda yang paling mudah ditemukan pada sebuah rumah. Penggunaan barang-barang furnitur dengan intensitas yang sering dapat berpengaruh terhadap penurunan kualitasnya.

Umumnya furnitur rumah tangga (lemari, kursi, meja, sofa, dan lainnya) terbuat dari bahan kayu yang kemudian dilapisi dengan bahan-bahan yang empuk dan nyaman. Misalnya penggunaan sofa pada ruangan menggunakan bahan kulit, katun, polyester, dan wol. Setiap bahan yang digunakan tentunya memiliki perawatan yang berbeda-beda agar dapat tahan lama. Apalagi cost yang dikeluarkan untuk membeli furnitur lumayan mahal saat ini sehingga harus benar-benar dijaga.

Yuk simak, berikut ini cara merawat sofa agar tetap awet

1. Hindari Paparan Sinar Matahari Secara Langsung

Sofa Ruang Tamu // Foto : amazon.in

Letakan sofa di tempat yang tidak terpapar sinar matahari secara langsung. Jika sofa berada di ruang tamu yang memperoleh banyak cahaya maka gunakan gorden lapis pada area berkaca. Paparan sinar matahari dapat mengakibatkan warna permukaan sofa cepat pudar dan mudah rusak. Hal ini disebabkan juga oleh efek panas yang ditimbulkan dari paparan tersebut.

2. Bersihkan Debu Sofa Secara Rutin

Vacuum Cleaner Sofa // Foto : CASAINDONESIA.com

Bahan sofa yang lembut dan empuk membuat nyaman siapapun yang duduk disana. Oleh karenanya sofa sering diletakan di ruang tamu. Debu yang mungkin timbul di sofa tidak bisa hanya dibersihkan dengan kemoceng dan lap. Sofa rentang terhadap debu kecil yang menempel bahkan sampai ke sela-sela sofa. Untuk mengatasi masalah tersebut dibutuhkan vacuum cleaner yang mampu mengangkat seluruh debu pada sofa.

3. Rutin Menjemur Bantalan Kursi

Bantalan Kursi Sofa // Foto : wolipop.detik.com

Setiap satu minggu sekali kamu harus menjemur bantalan sofa. Hal ini dilakukan untuk membunuh kuman dan bakteri yang mungkin timbul pada permukaan bantal. Selain itu, menjemur di bawah sinar matahari juga dapat mengembalikan tekstur bantal agar menjadi lebih empuk.

4. Putar Posisi Penempatan Bantal Sofa

Penempatan Bantal Pada Sofa // Foto : Informa

Duduk ditempat yang sama pada sofa secara berulang-ulang dapat menyebabkan menurunnya permukaan sofa pada salah satu titik. Solusinya adalah dengan meutar atau memindahkan bantalan sofa secara berkala agar posisi duduk kamu juga berubah. Dengan seperti itu semua bagian sofa akan seimbang.

5. Segera Bersihkan Noda Cair Pada Sofa

Membersihkan Noda Pada Sofa // Foto : dekoruma.com

Noda yang tumpah di atas sofa memang sangat menyebalkan karena akan sulit hilang. Namun, ternyata ada solusinya yaitu dengan membersihkan noda sesegera mungkin. Untuk proses membersihkannya harus memperhatikan jenis dari bahan sofa yang kamu miliki. Misalnya pada sofa berbahan kulit, maka dapat menggunakan kondisioner atau pelembab.

Sementara pada bahan katun dapat dibersihkan menggunakan air. Untuk jenis bahan polyester dan wol tidak dapat dibersihkan dengan air. Agar lebih aman ikuti petunjuk yang diberikan mengenai cara pembersihan yang dapat ditanyakan pada saat membeli sofa.

Baca juga artikel lainnya :

Anda Juga Mungkin Menyukai Beberapa Artikel Ini