Subscribe Dengan Account Google untuk mendapatkan update info terbaru dari property145.com
Kantilever Struktur Desain Hunian Modern

Inovasi dalam bidang arsitektur berkembang begitu cepat, dari era dulu sampai saat ini telah tercipta berbagai macam gaya yang memiliki nilai artistik tersendiri. Perkembangan bidang arsitektur sangat di pengaruhi oleh sejarah dan budaya masyarakat sekitar. Di era modern ini masyarakat berlomba-lomba untuk hidup minimalist hal ini juga berpengaruh terhadap perkembangan arsitektur hunian, salah satu sedang populer adalah Kantilever.

Apa itu Kantilever ?

Struktur bangunan Kantilever merujuk pada bentuk fisik struktur yang dibuat menonjol dan keluar dari bangunan utama serta dibangun dengan dukungan penyangga pada satu sisi saja. Memiliki tampilan yang sangat unik, desain struktur ini sangatlah populer karena dianggap mewakili perkembangan arsitektur modern.

Akan tetapi, penerapan desain kantilever memerlukan penguasaan teknis yang memadai karena perhitungan mekanika wajib dilakukan secara akurat agar kualitas bangunan kukuh dan tahan terhadap segala kondisi.

Bagaimana penerapan desain Kantilever ?

Desain kantilever cocok diterapkan untuk tanah dengan kondisi curam, atau tanah dengan bentuk sudut atau bahkan tanah yang memiliki lahan sempit.

kantilever desain hunian modern
sumber foto google.com

Penerapan desain kantilever memungkinkan hunian mendapatkan space tambahan serta dapat menangkap lebih banyak pemandangan dari lingkungan sekitar. Alhasil, kamu bisa melihat keadaan lingkungan sekitar hunian dari berbagai sudut rumah secara detail dan jelas.

Kelebihan Struktur Kantilever

Selain memiliki ciri unik, penuh estetik dan dapat menyuguhkan pemandangan di sekitar hunian menjadi lebih luas, penerapan desain kantilever juga mendatangkan banyak sekali kelebihan.

bangun ruang desain kantilever
sumber foto google.com
  • sebagai carport untuk melindungi kendaraan kesayangan kamu tanpa perlu menggunakan kanopi.
  • sebagai pelindung akses pintu masuk di bagian bawah atau difungsikan sebagai area untuk menyimpan atau merawat tanaman.
  • anggaran yang jauh lebih hemat karena hanya memanfaatkan satu sisi penyangga saja.
  • menjadikan ruangan jadi lebih stylish

hal-hal yang perlu di perhatikan saat menerapkan struktur kantilever

Desain kantilever merupakan trobosan baru dalam struktur modern. Untuk menerapkan struktur kantilever sebaiknya pertimbangkan juga beberapa hal berikut ini:

  • Perhitungkan struktur bangunan lebih matang agar bangunan tetap seimbang dan aman serta kokoh.
  • Gunakan material yang ringan karena kantilever hanya bertumpu pada satu sisi saja.
  • Hitung beban yang dipikul, agar bangunan bisa berdiri kuat.

baca artikel lainya

Anda Juga Mungkin Menyukai Beberapa Artikel Ini