Subscribe Dengan Account Google untuk mendapatkan update info terbaru dari property145.com
Kekurangan dan Kelebihan Rumah Hook

Apa itu rumah Hook ?

Disebut juga rumah sudut atau corner lot, rumah hook adalah rumah yang posisinya terletak pada bagian paling ujung dari ruas perumahan atau ruas jalan. Karena posisinya yang tidak terhimpit antara rumah, maka akan terdapat satu sisi yang terbuka dan salah satu sisi lainnya berbatasan dengan rumah tetangga.

Mitos rumah hook

Mitos yang berkembang malah dapat membuat Anda tidak ingin memiliki rumah dengan lokasi dan keuntungan lebih ini. Karena banyak mitos justru memberikan komentar negatif, padahal sebenarnya sangat menguntungkan bagi pemiliknya. Oleh karena itu walaupun mitos ini ada, namun teteap saja lokasi rumah hook jadi incaran pertama orang yang ingin memiliki rumah

Kelebihan rumah hook

Beberapa kelebihan rumah hook supaya kamu semakin yakin dengan pilihan rumah hook mu:

1) Jauh Lebih Luas

Rumah hook umumnya selalu lebih besar dibandingkan dengan rumah tipe non-hook. Walaupun ukuran lantai dasar bisa sama dengan rumah tetangga, banyak pemborong rumah yang langsung mengambil kesempatan memperbesar ukuran tingkat atas karena ada kebebasan lahan tanpa himpitan.

Biasanya rumah hook akan ditandai dengan lahan kosong di samping sebagai batas akhir dari sebuah kompleks perumahan. Tidak heran jika rumah hook selalu dipatok dengan harga yang lebih tinggi. Rumah hook juga lebih sering cepat terjual karena banyak peminatnya.

2) Strategis Untuk Usaha atau Lahan Bisnis

Karena posisinya yang terbuka dari beberapa arah, rumah hook sangat tepat dan ideal dijadikan sebagai lahan bisnis atau usaha, misalnya pertokoan. Kania yakin kalian juga sudah sering melihat iklan-iklan raksasa yang dipasang tepat pada dinding atau lantai dua rumah hook. Biaya sewa iklan untuk dipasang pada rumah hook ini bisa mencapai puluhan hingga ratusan juta per tahunnya loh!

3) Bisa Didekorasi Maksimal

Tambahan lahan di samping rumah hook adalah kesempatan buat kalian yang ingin berkreasi dengan landskap properti. Kamu bisa mendekorasi sebuah taman rumah hijau yang indah dan bikin adem, membuat kolam ikan minimalis sebagai tempat bersantai kala sore hari, hingga lapangan kecil tempat bermain anak-anak. Seringkali pemilik rumah hook adalah menjadi pemilik rumah dengan tata desain yang paling menarik.

4) Mudah Didesain atau Dibangun Ulang

Punya rumah hook berarti kamu bisa bebas mendesain atau merombak ulang rumah dari tangan kontraktor atau pengembang. Berbeda dengan rumah yang bukan rumah hook yang tidak punya kebebasan untuk merancang ulang eksterior rumah. Pada sisi rumah bagian terbuka, kamu bisa menambahkan balkon kecil, jendela-jendela cantik, hingga pintu samping sebagai tambahan jalur masuk yang praktis.

5) Akses Lebih Baik

Rumah hook biasanya bisa dicapai dari akses atau arah yang lebih banyak dibandingkan dengan rumah non-hook yang otomatis terletak pada sebelah jalur jalan. Jadi, kamu bisa bebas menggunakan alternatif jalan sesuai kondisi yang paling menguntungkan. Kembali lagi pada peluang bisnis, akses yang lebih baik pada rumah hook sangat ideal untuk visibilitas usaha.

6) Nilai Investasi yang Tinggi

Rumah hook tergolong sangat mudah diperjualbelikan dibandingkan dengan rumah non-hook. Harga rumah hook juga bisa melesat lebih tinggi dibandingkan dengan rumah non-hook pada area yang sama dan tipe rumah yang sama pula. Alasannya tidak jauh-jauh dari keunggulan rumah hook yang sudah dibeberkan d iatas.

7) Hemat Penerangan

Rumah hook sering ditandai dengan jendela-jendela di tembok pada sisi terbuka. Ini berarti pemilik rumah hook bisa menikmati lebih banyak masuknya sumber penerangan seperti pancaran sinar matahari atau lampu jalan. Bukan tidak mungkin, kamu sama sekali tidak butuh menghidupkan saklar lampu pada pagi hingga sore hari!

Kekurangan rumah hook

1) Biaya Pajak Lebih Besar dan Lebih Rentan Debu

Karena lahan yang lebih luas, sudah pasti pemilik rumah hook harus membayar beban pajak tanah yang lebih besar pula. Selain itu, Posisi terbuka memang berarti akses yang lebih tinggi sehingga aktivitas lalu lalang pengguna jalan dan kenderaan juga semakin meningkat. Hasilnya, polusi suara dan polusi udara sering menjadi problema bagi pemilik rumah hook.

Solusinya adalah dengan cara menginstalasi pintu dan jendela yang kedap suara supaya meminimalisir kendala bising, juga rajin membersihkan rumah hook secara teratur.

2) Efek Negatif Akses Terbuka

Bukan cuma bising dan lebih berdebu, ada beberapa efek negatif dari akses terbuka yang patut diperhatikan, seperti lebih rentan kecelakaan, dijadikan sebagai tempat berputar mobil yang ingin melalukan U-Turn, dan ada kemungkinan hewan peliharaan orang lain memasuki rumah hook.

Selain itu, pada malam hari, penghuni rumah hook juga bisa terganggu karena sorotan lampu mobil. Ditambah Jika tidak dibatasi dengan baik, pengguna jalan bisa area rumahmu tanpa kamu ketahui. Solusinya, kamu bisa membatasi rumah hook dengan seksama. Gunakan pagar tinggi, tiang pembatas hingga tanaman- tanaman berukuran besar untuk melindungi posisi rumah hook milikmu.

Note : dirangkum dari berbagai sumber (dekoruma, ciputra land)

Baca artikel lainya :

Anda Juga Mungkin Menyukai Beberapa Artikel Ini