Subscribe Dengan Account Google untuk mendapatkan update info terbaru dari property145.com
Keuntungan Menggunakan Furniture Berbahan Kayu

Material kayu mudah ditemukan sebagai bahan pembuatan furniture rumah tangga. Alat-alat disekeliling kamu mungkin juga terbuat dari kayu seperti kursi, meja, lemari, dan lainnya. Kayu sudah dikenal sejak lama sebagai bahan yang kuat dan awet. Sifatnya yang mudah diperbaharui membuat kayu banyak diminati oleh para pengrajin.

Bahan kayu memiliki banyak kelebihan seperti mudah dibentuk dan tahan terhadap gempa. Para pengrajin membuat modifikasi ukiran pada furniture kayu, patung, dan dinding rumah. Kayu juga digunakan sebagai bahan bangunan untuk membuat rumah karena sifatnya yang kuat dan ringan membuatnya tahan terhadap gempa.

Terdapat beberapa jenis kayu yang biasa digunakan untuk membuat furnitur, diantaranya : kayu oak, kayu meranti, kayu jati, kayu mahoni, kayu sungkai, dan kayu pinus. Masing-masing kayu memiliki kelebihan sendiri, biasanya perbedaannya terdapat pada tingkat kekuatan dan ketahanan terhadap rayap dan air.

Yuk simak! keuntungan ini bisa kamu dapatkan dengan menggunakan furniture dari kayu.

1. Ramah Lingkungan

Kayu Jati Ramah Lingkungan // Foto : dacore.id

Kayu merupakan bahan baku yang berasal dari pohon / bersumber dari alam. Sifatnya yang dapat diperbaharui memungkinkan kayu untuk digunakan sebagai bahan bangunan dan furniture rumah tangga. Namun, penggunaan ini harus diimbangi dengan kelestarian hutan dan tidak melakukan penebangan pohon secara liar. Pemilihan kayu untuk membuat furniture juga harus memperhatikan penebangan yang lestari.

2. Mampu Bertahan Lama dan Kuat

Kayu Jati // Foto : custommebel.com

Kayu Jati merupakan salah satu jenis kayu dengan harga termahal, memiliki kualitas yang baik dan tahan terhadap segala jenis cuaca. Furniture yang terbuat dari bahan kayu biasanya memiliki struktur yang kuat, tahan terhadap serangan rayap/serangga dan tidak mudah lapuk.

3. Memberikan Nuansa Alami

Furnitur Kayu // Foto : hipwee.com

Rumah - rumah yang menggunakan furniture kayu biasanya akan terasa lebih sejuk yang menggambarkan nuansa alam. Saat berada di dalam rumah akan terasa lebih menenangkan apalagi warna / cahaya yang ditampilkan oleh furniture kayu tampak begitu indah. Sehingga tidak heran lagi jika kayu menjadi pilihan banyak orang.

4. Memiliki Spektrum Warna Yang Bagus

Warna Furnitur Kayu // Foto : corpgovcenter.org

Umumnya warna kayu adalah coklat gelap sampai dengan coklat terang. Kemudian dihiasi dengan corak alami yang biasanya muncul pada kayu. Spektrum warna ini menampilkan kesan alami dan mudah dipadukan dengan berbagai gaya rumah, khususnya gaya rumah minimalis dan tradisional. Untuk mempercantik ruangan, tidak jarang furniture juga dipadukan dengan bahan modern yang membuat lebih elegan.

5. Mudah Dibentuk

Furniture Kayu Untuk Dapur // Foto : dekoruma.com

Potongan kayu dapat diubah menjadi bentuk-bentuk tertentu dengan cara menggabungkan beberapa bagian kayu. Misalnya saja lemari, dapur, kursi, meja, tempat tidur, dan masih banyak lagi. Untuk membuat bentuk tertentu kamu bisa request kepada para pengrajin kayu.

Bagaimana setelah membaca keuntungan dari menggunakan furniture kayu, menarik bukan? Tentu, kamu juga bisa memiliki ragam furniture kayu yang bisa dengan mudah kamu dapatkan di berbagai pengrajin kayu. Akan tetapi, jangan lupa ya untuk tidak mengeksploitasi kayu di alam agar bumi ini bisa terus lestari.

Baca juga artikel lainnya :

Anda Juga Mungkin Menyukai Beberapa Artikel Ini