Subscribe Dengan Account Google untuk mendapatkan update info terbaru dari property145.com
Lakukan Cara Ini Untuk Mengusir Nyamuk Dari Rumah

Nyamuk merupakan salah satu hama yang sangat tidak disukai karena kerap kali muncul di lingkungan rumah. Hewan ini adalah penyebab penyakit demam berdarah, malaria, dan virus zika. Selain dapat menimbulkan penyakit, gigitan hewan ini dapat menyebabkan rasa gatal dan nyeri disertai bintik-bintik merah.

Terdapat 3 jenis nyamuk yang paling berbahaya yaitu Aedes Aegypti, Anopheles sp, dan Culex sp. Ketiganya mudah ditemukan di rumah-rumah. Dalam satu kali bertelur setiap nyamuk dapat mengeluarkan hingga 100 telur. Bayangkan jika dalam satu rumah terdapat 10 nyamuk yang bertelur maka kemungkinan akan ada kurang lebih 1000 nyamuk baru.

Berbagai cara dilakukan untuk membasmi dan mengurangi populasi nyamuk khususnya di rumah. Seperti dengan menggunakan semprotan dari bahan alami maupun dari produk yang sudah diolah. Selain itu, terdapat juga cara-cara lain yang dapat mencegah timbulnya nyamuk di dalam rumah.

Yuk simak, hal - hal bisa membantu kamu untuk mengusir nyamuk dari rumah

1. Gunakan Kelambu

Kelambu // Foto : homify.co.id

Cara ini sudah digunakan sejak lama sebagai alat pelindung diri dari serangan gigitan nyamuk. Kelambu merupakan kain berbahan tipis yang memiliki banyak rongga-rongga berukuran sangat kecil. Kain ini biasanya dipasang mengelilingi tempat tidur. Sehingga saat malam hari nyamuk tidak akan bisa menyentuh permukaan kulit.

Bentuk kelambu bermacam-macam dengan aneka pilihan warna. Kelambu umumnya dibuat menutupi seluruh bagian tempat tidur agar nyamuk tidak dapat masuk ke dalamnya. Namun, ada juga kelambu yang hanya menutupi bagian kanan kiri mengelilingi tempat tidur. Pilihan itu tergantung selera kamu karena kelambu bisa juga berfungsi sebagai dekorasi untuk mempercantik kamar.

2. Pilih Warna Cat Tembok yang Cerah

Cat Tembok Putih Pada Ruangan // Foto : arsitag.com

Ruangan yang bewarna gelap seperti hitam, merah, dan biru tua dipercaya sebagai area yang disenangi nyamuk. Sebenarnya nyamuk tidak dapat membedakan warna, namun penggunaan warna-warna gelap memiliki kemampuan menyerap CO2. Spektrum warna gelap sebaiknya dihindari pada warna tembok maupun furnitur ruangan.

Penggunaan warna-warna cerah seperti kuning, hijau, dan warna khaki sangat tidak disukai nyamuk. Hal ini dikarenakan warna tersebut tidak memiliki kemampuan untuk menyerap gas CO2 yang dikeluarkan oleh tubuh. Saat menggunakan warna terang pada ruangan maka akan memberikan kesan cerah dan ceria. Agar nuansa ruangan menjadi lebih nyaman alangkah baiknya warna cerah tersebut dikombinasikan dengan warna yang soft.

3. Gunakan Tanaman Pengusir Nyamuk

Paper Mint // Foto : sehatalami.co

Daun mint merupakan tanaman herbal yang memiliki aroma dibenci nyamuk karena baunya yang mirip dengan lemon. Tanaman ini mudah ditanam di area rumah sehingga menghindari perkembangan nyamuk disekitaran rumah.

Daun Sereh // Foto : Alodokter

Tanaman herbal lainnya yaitu daun sereh yang juga berfungsi sebagai bumbu masakan. Daun sereh mengandung komponen minyak astiri berupa citronella yang memiliki khasiat sebagai pembunuh serangga. Daun seren memiliki bau yang menenangkan bagi manusia dan mematikan bagi nyamuk.

Caranya yaitu dengan menanam tanaman sereh disekitaran rumah maupun meletakannya pada sudut-sudut rumah. Selain itu, tanaman ini juga bisa diolah menjadi minyak sereh yang dapat dioleskan pada tubuh untuk menghindari gigitan nyamuk.

4. Menata Rumah Dengan Rapih

Menata Rumah dengan Rapi // Foto : Grid.ID

Kerapihan adalah salah satu bagian dari tipikal rumah bersih dan indah. Nyamuk sangat menyukai area yang berantakan karena akan dijadikan tempat hinggapnya. Oleh sebab itu, sebaiknya rumah selalu dijaga perawatannya dengan rajin menata dan membersihkan rumah. Terutama untuk pakaian kotor maupun yang belum digosok sebaiknya ditata dengan baik agar tidak menjadi tempat bersarang nyamuk.

5. Semprot Rumah Dengan Bahan Alami

Penyemprot Alami dari Bawang Putih // Foto : Rentokil

Salah satu cara membasmi nyamuk secara singkat dan mudah adalah dengan menggunakan penyemprot. Alat semprot nyamuk mudah ditemukan di minimarket terdekat. Namun, biasanya alat semprot tersebut mengandung bahan - bahan kimia yang dapat menimbulkan gangguan pernafasan.

Solusinya adalah dengan membuat alat semprot dari bahan-bahan alami. Misalnya, menggunakan bawang putih yang diperkaya dengan sulfur alami yang beracun saat nyamuk menciumnya. Selain itu, bawang putih juga dapat dikonsumsi secara langsung agar tubuh mengeluarkan aroma bawang yang tidak disukai oleh nyamuk.

Wah cukup menarik ya tips-tipsnya, semoga dapat membantu kamu agar terhidar dari gigitan nyamuk. Perlu diingat bahwa nyamuk dapat menyebabkan penyakit berbahaya seperti dbd loh jika dibiarkan begitu saja. Oleh karena itu yuk perhatikan kebersihan lingkungan rumah dan gunakan bahan - bahan alami untuk membasmi nyamuk.

Baca juga artikel lainnya :

Anda Juga Mungkin Menyukai Beberapa Artikel Ini