Subscribe Dengan Account Google untuk mendapatkan update info terbaru dari property145.com
Makna Penggunaan Warna Pada Cat Dinding

Pemilihan warna pada ruangan dapat mempengaruhi kondisi suasana hati seseorang. Menurut psikologi warna juga dapat mempengaruhi keputusan yang akan kamu ambil. Bagaimana hal ini dapat terjadi?

Dilansir dari ballaide.com "warna menurut para ahli memiliki pengelompokkan makna berdasarkan sensasi atau persepsi yang muncul terhadap emosi manusia." Oleh karenanya kamu dapat memiliki ketertarikan pada warna tertentu.

Secara umum warna mudah dikenali menjadi dua kategori yaitu warna hangat dan dingin. Warna hangat dapat memberikan kesan cerah dan ceria seperti kuning, coklat, emas, merah, dan oranye. Sementara warna dingin akan memberikan kesan yang sejuk, seperti warna biru, hijau, dan warna soft lainnya

Cat dinding tidak terlepas dari aneka pilihan warna yang akan mewarnai ruangan. Untuk menciptakan kesan pada ruangan maka kamu perlu memilih warna yang sesuai. Lalu bagaimana sih cara memilih warna yang sesuai dan apa makna dari warna-warna tersebut?

Jawabannya dapat kamu simak pada penjelasan warna di bawah ini.

1. Warna Biru

Cat Dinding Bewarna Biru // Foto : koran.id

Di dalam psikologi, warna biru tua diartikan sebagai simbol kecerdasan. Sementara warna biru muda diartikan simbol kepercayaan diri. Warna biru ini identik dengan warna lautan dan langit yang menjulang di angkasa. Pada warna ruangan biru dapat menciptakan kesan yang damai, santai, relaks, dan luas.

Penggunaan pada ruangan harus dikombinasikan dengan beberapa warna lainnya karena warna biru berlebih juga dapat memberikan dampak negatif. Seperti ruangan akan memiliki kesan dingin dan memicu perasaan sedih.

2. Warna Merah

Kombinasi Warna Cat Merah Pada Dinding // Foto : catdindingku.blogspot.com

Penggunaan cat dinding bewarna merah membuat seolah-olah ruangan menjadi lebih dekat / sempit. Warna merah dapat memberikan kesan hangat pada ruangan. Namun penggunaan yang berlebih dapat memberikan kesan emosional yang lebih agresif.

Bahkan warna ini juga dapat berpengaruh terhadap kondisi fisik seperti denyut nadi dan laju pernapasan. Oleh karenanya penggunaan warna merah juga sebaiknya dikombinasikan dengan warna lainnya agar menciptakan ruangan yang tidak terlalu emosional.

3. Warna Hijau

Cat Dinding Kombinasi Warna Hijau // Foto : designcorall.com

Warna yang begitu identik dengan alam adalah warna hijau. Warna ini mampu memberikan kesan ketenangan dan kedamaian seperti kesan yang ditimbulkan oleh tanaman. Sangat cocok dipakai pada area tempat tidur maupun tempat bersantai.

Spektrum warna hijau cukup banyak terdiri dari hijau tua sampai dengan muda dan terdapat warna-warna soft seperti hijau tosca yang bisa kamu gunakan sebagai bahan referensi. Akan tetapi, kombinasikan warna hijau dengan warna lainnya ya agar ruangan jadi tampak lebih hidup dan tidak membosankan.

4. Warna Cokelat

Apakah kamu tahu dari mana warna cokelat berasal?

Warna coklat hadir dari penggabungan 3 warna yaitu merah, kuning, dan hitam. Warna coklat umumnya digunakan pada ruangan yang ingin memberikan kesan sedikit serius, hangat, dan lembut. Spektrum warna yang sering digunakan adalah warna coklat soft seperti coklat susu, dan lainnya. Pastikan warna yang kamu gunakan akan matching dengan furniture, karena umumnya furniture seperti dari kayu akan bewarna coklat tua.

5. Warna Ungu

Ungu merupakan warna yang identik dengan kesan kemewahan. Warna ungu pada cat dinding dipercaya dapat meningkatkan kepercayaan diri seseorang. Ruangan dengan warna ini akan tampak cantik dan elegan yang membuat siapapun yang melihatnya dapat lebih menghargai diri sendiri.

6. Warna Kuning

Cat Dinding Bewarna Kuning // Foto : pacificpaint.coom

Jika kamu ingin ruangan yang ceria dan dapat meningkatkan minat kreativitasmu maka warna kuning adalah pilihannya. Warna ini juga dipercaya dapat meningkatkan rasa percaya diri loh, sangat cocok diterapkan pada ruang bersantai, ruang belajar, dan area bermain anak.

7. Warna Putih

Ruangan sempit sangat cocok memnggunakan warna putih krena dapat memberikan kesan tampilan yang lebih luas. Warna putih memang sudah dikenal sejak lama sebagai warna yang netral. Putih seperti susu yang tidak ternoda oleh setetes warna lain, membuatnya sebagai simbol warna yang suci. Pada ruangan warna ini juga dapat memberikan kesan damai dan tenang.

8. Warna Abu - Abu

Cat Dinding Bewarna Abu-Abu // Foto : renovasi.co.id

Abu-abu merupakan warna yang tidak kontras karena berasal dari campuran warna hitam dan putih. Oleh karenanya warna abu-abu sangat cocok dipadu padankan dengan warna lainnya. Selain itu, warna ini dapat memberikan kesan tenang, damai, dan elegan. Penggunaan warna netral seperti ini dapat mengurangi pengaruh emosional yang ditimbulkan oleh warna.

Baca juga artikel lainnya :

Anda Juga Mungkin Menyukai Beberapa Artikel Ini