Subscribe Dengan Account Google Jika Anda Ingin Membaca Artikel Tanpa Iklan
Manfaat Daun Kelor untuk Kesehatan

Daun kelor (Moringa lam olifer) merupakan tanaman perdu multiguna untuk obat-obatan yang umum ditemui di Indonesia. Tanaman ini tumbuh subur di dataran tropis. Sejak puluhan tahun lalu tanaman ini sudah dijadikan obat tradisional untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit. Tanaman ini juga dipercaya memiliki segudang khasiat bagi kesehatan tubuh.

Untuk menanam pohon kelor juga tidak sulit, umumnya pohon kelor tumbuh subur dikebun maupun halaman rumah. Di alam bebas pohon kelor dapat tumbuh tinggi mencapai kurang lebih 7-11 meter. Untuk memperoleh khasiat dari pohon kelor yang digunakan adalah bagian daunnya, biasanya daun kelor dikonsumsi menjadi hidangan sayur, atau direbus seperti teh, dan dijadikan bubuk daun kelor.

Yuk simak lebih lanjut untuk mengatahui manfaat dari daun kelor bagi kesehatan

1. Kaya akan antioksidan

Daun Kelor // Foto : Sehatq.com

Antioksidan merupakan zat yang berfungsi melindungi tubuh dari kerusakan sel akibat radikal bebas. Tanpa adanya antioksidan yang cukup di dalam tubuh, dapat berpengaruh pada kerusakan sel jaringan. Oleh karenanya diperlukan asupan makanan yang kaya akan antioksidan, salah satunya ialah daun kelor.

Daun kelor memiliki kandungan campuran asam amino esensial, fitonutrien karotenoid, antioksidan, dan senyawa anti bakteri alami untuk anti-imflamasi (peradangan). Selain itu, kandungan beta-karoten, vit.c, quercetin, dan senyawa polifenol yang terkandung di dalamnya juga berfungsi untuk mengurangi resiko penyakit kanker.

2. Memberikan nutrisi bagi tubuh

Daun kelor dikenal dengan sebutan "miracle tree" yang dinobtakan oleh organisasi kesehatan dunia yaitu WHO. Hal ini dikarenakan banyaknya manfaat yang dimiliki oleh daun kelor khususnya dalam mengatasi kekurangan gizi atau malnutrisi pada anak-anak.

Dilansir dari lifestyle.kompas.com setiap 20 gram daun kelor memiliki kandungan nutrisi sebagai berikut :

  • Protein: 2 gram
  • Vitamin B6: 19% dari rekomendasi konsumsi harian
  • Vitamin C: 12% dari rekomendasi konsumsi harian
  • at besi: 11% dari rekomendasi konsumsi harian
  • Riboflavin (vitamin B2): 11% dari rekomendasi konsumsi harian
  • Vitamin A: 9% dari rekomendasi konsumsi harian
  • Magnesium: 8% dari rekomendasi konsumsi harian

3. Menurunkan kolesterol

Sayur Daun Kelor // Foto : theasianparent.com

Apakah kamu sering mengonsumsi makanan hewani tanpa dimbangi dengan pola hidup sehat?

Hati-hati hal tersebut dapat meningkatkan jumlah kolesterol dalam tubuh. Kolesterol merupakan sebuah zat yang diproduksi alami oleh hati, berguna untuk membentuk vitamin D dan berperan dalam memproduksi hormon bagi tubuh.

Biasanya kolesterol banyak muncul dari makanan hewani, kadar kolesterol yang berlebihan pada tubuh dapat berdampak pada penyumbatan arteri. Hal ini bisa berakibat pada gagal jantung dan stroke. Oleh karenanya perlu diimbangi dengam mengonsumsi daun kelor, salah satunya dengan cara di masak menjadi sayur bening.

4. Mengatasi penyakit kanker

Menurut penelitian yang telah dilakukan daun kelor memiliki kandungan memiliki aktivitas antiproliferative pada beberapa sel kanker yaitu sel kanker hati HepG2, sel kanker paru A549, sel kanker kolon Caco-2 dan sel kanker payudara MDA-MB-231, dan sel kanker payudara T47D (Apriani et al., 2019).

Oleh karenanya daun ini banyak dikonsumsi oleh masyarakat dari berbagai kalangan. Karena memang khasiatnya yang banyak bagi kesehatan. Cara mengonsumsinya juga mudah dan memiliki rasa yang nyaman dilidah.

5. Mencegah penyakit anemia

Bubuk Daun Kelor // Foto : Seedology (Lazada)

Penyakit anemia disebabkan oleh kurangnya sel darah merah di dalam tubuh. Untuk meningkatkan sel darah merah dibutuhkan asupan makanan yang kaya akan zat besi, salah satunya daun kelor.

Cara efesien mengonsumsi daun kelor adalah dengan menjadikannya bubuk daun kelor. Minuman ini bisa dikonsumsi pada pagi dan sore hari. Tidak dianjurkan untuk mengonsumsi berlebih karena dikhawatirkan dapat memberikan efek samping seperti mual dan lainnya. Lebih baik mengikuti anjuran dokter.

6. Meningkatkan berat badan anak

Anak-anak memerlukan asupan gizi yang baik untuk menunjang pertumbuhannya agar dapat tumbuh cerdas. Kalium yang terdapat di dalam daun kelor cukup tinggi, setara dengan 3 kali lebih banyak daripada buah pisang. Tidak hanya itu dilansir dari the asian parent Indonesia dikatakan bahwa zat besi yang terkandung di dalam daun kelor setara dengan 25 ikat bayam.

7. Menyehatkan mata

Kesehatan Mata // Foto : rsmataachmadwardi.com

Daun kelor memiliki kandungan Vitamin A yang setara dengan 4 buah wortel. Vitamin A berfungsi untuk menunjang pertumbuhan dan pembelahan sel di dalam tubuh. Pada mata khsususnya Vitamin A dapat membantu mengubah cahaya yang masuk ke mata menjadi sinyal saraf, mencegah rabun, dan menjaga mata agar tetap sehat.

Baca juga artikel lainnya :