Subscribe Dengan Account Google untuk mendapatkan update info terbaru dari property145.com
Manis Dan Segarnya Buah Jambu Air Dersono

Buah jambu merupakan buah yang cukup familiar dan banyak kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari, selain rasa dan dagingnya yang segar buah jambu juga memiliki harga yang terjangkau. Jambu juga termasuk pohon yang mudah ditanam dan dibudidayakan.

Salah satu jenis buah jambu air yang banyak digemari adalah jambu air dersono, Jambu dersono merupakan salah satu jenis jambu yang unggul dan termasuk tanaman yang banyak di temukan di berbagai daerah. Namun sayangnya jambu ini termasuk jambu musiman yang berbuah sekitar tiga kali dalam setahun.

Buah jambu dersono atau jambu jamaika yang memiliki nama latin Syzygium malaccense ini berwarna merah dengan rasa yang manis dan segar.

Kulit kayu, akar dan daunnya dapat digunakan sebagai obat-obatan tradisional yang dimanfaatkan untuk menyembuhkan beberapa penyakit. Sedangkan kayu pada pohon jambu dersono ini dapat digunakan untuk bahan bangunan.

Karakter Jambu Dersono

Tumbuhan Jambu Dersono hidup di dataran rendah tropis yang cukup lembab, di mana ia juga dapat ditemukan di ketinggian hingga 1.200 meter, Tumbuh paling baik di daerah di mana suhu siang hari tahunan berada dalam kisaran 22 - 28 ° c, tetapi dapat mentolerir 16 - 33 ° c, Ia lebih menyukai curah hujan tahunan rata-rata di kisaran 1.200 - 1.600mm, tetapi mentolerir 1.000 - 2.200mm.

Tanaman dapat bertahan pada musim kemarau, tetapi tumbuh subur di daerah dengan curah hujan sepanjang tahun. Lebih menyukai tanah yang subur, memiliki drainase yang baik dan posisi di bawah sinar matahari penuh, dan mampu hidup di tanah koral yang miskin, di pulau-pulau dataran rendah.

Jambu jensi ini membutuhkan waktu 4 - 5 tahun untuk berbunga dari biji, dengan hasil maksimum dicapai apabila setelah berusia sekitar 10 tahun. Tanaman dapat berbuah hingga tiga kali dalam setahun, dan berbunga dimulai oleh periode cuaca basah setelah musim kemarau.

budidaya buah jambu dersono
budidaya buah jambu dersono // google image

Ciri-Ciri Jambu Dersono

Berikut kami berikan beberapa ciri-ciri tanaman jambu dersono yang dapat dilihat berdasarkan bentuknya seperti akar, batang, daun, bunga dan buahnya.

  • Memiliki akar tunggang dengan percabangan yang kecil. Perakarannya dapat menembus tanah 5 sampai 10 meter.
  • Batang jambu dersono berukuran sedang dengan ketinggian mencapai 15 meter, berbentuk silindris. Permukaan batang pecah-pecah dan berwarna coklat kemerahan serta tumbuh batang tegak lurus dengan percabangan sympodial. Arah tumbuh cabang ada yang condong ke atas dan ada juga yang mendatar.
  • Memiliki daun tunggal tidak lengkap karena hanya memiliki tangkai daun dan helai daun. Daun terletak berhadapan dengan bentuk memanjang, bertangkai pendek antara 1-1,5 cm tebal dan berwarna kemerahan ketika muda.
  • Memiliki permukaan daun yang licin dan mengkilat dengan ujung daun yang meruncing
  • Bunganya tumbuh pada bagian ranting yang tidak memiliki daun, tangkai pendek dan tumbuh bergerombol
  • Buahnya berbentuk bulat sampai menjorong, memiliki rasa yang manis dengan warna merah ketika sudah matang.

Manfaat Jambu Dersono

Selain punya rasa yang enak dan menyegarkan, jambu dersono atau jambu jamaika juga punya banyak manfaat lo, apa saja manfaatnya ? yuks simak ulasan berikut ini :

1. Menurunkan demam

Jambu Jamaika dipercaya mampu menurunkan demam saat diminum. Untuk mendapatkan manfaat ini, Anda dapat menyeduh jambu Jamaika dengan air hangat untuk dikonsumsi. Meski demikian, belum ada bukti ilmiah yang mendukung manfaat ini.

2. Menutrisi kulit

Vitamin A dan C dalam jambu Jamaika sangat bermanfaat bagi kesehatan kulit, di antaranya adalah mencegah penuaan dini dan menurunkan risiko penyakit kanker kulit.

3. Menguatkan tulang

Kandungan zat besi yang terkandung dalam jambu Jamaika bermanfaat dalam menjaga kesehatan dan kekuatan tulang. Selain itu, penyakit osteoporosis juga dapat Anda hindari.

4. Mengobati disentri

Jambu Jamaika dianggap memiliki kandungan nutrisi yang dapat mengatasi penyakit disentri. Akan tetapi, klaim ini belum memiliki bukti secara ilmiah sehingga belum bisa sepenuhnya dipercaya.

5. Mencegah konstipasi

Kandungan serat pada buah jambu Jamaika mampu melancarkan dan menyehatkan pencernaan. Sehingga, penyakit seperti konstipasi (sembelit) pun dapat dicegah.

6. Menjaga kesehatan mulut

Selain membunuh kuman penyebab penyakit pada gusi, manfaat jambu Jamaika juga dapat menyembuhkan sariawan dan luka pada mulut atau lidah. Manfaat ini dihasilkan oleh kandungan vitamin C dalam jambu Jamaika.

Baca artikel lainya :

*** artikel ini dirangkum dari berbagai sumber

Anda Juga Mungkin Menyukai Beberapa Artikel Ini