Subscribe Dengan Account Google Jika Anda Ingin Membaca Artikel Tanpa Iklan
Intip Keseruan Mancing Ikan di Danau Kelapa Dua

Situ Kelapa Dua terletak di Kabupaten Tangerang, Banten dengan luas mencapai 28 hektar. Lokasi situ Kelapa Dua cukup strategis, di sebelah Selatan dan utara berdekatan dengan permukiman penduduk , di sebelah barat berdekatan dengan Universitas Gunadarma Kampus K, dan di sebelah timur berdekatan dengan perumahan Gading Serpong. Situ Kelapa Dua saat ini berfungsi sebagai penampungan air wilayah Kelapa Dua dan sebagai tempat pemancingan ikan oleh warga sekitar.

Tentang Danau Kelapa Dua

Lokasi danau yang berada disekitar permukiman penduduk membuat air tercemar oleh limbah rumah tangga sehingga air tidak dapat dikonsumsi. Air di Danau Kelapa Dua berwarna hijau keruh ditumbuhi oleh tanaman eceng gondok. Tanaman tersebut jika jumlahnya sudah sangat banyak dapat dianggap sebagai gulma karena dapat merusak perairan di Danau Kelapa Dua. Untuk mengatasi hal itu, dalam periode waktu tertentu tanaman eceng gondok dilakukan pembersihan dengan tetap menyisakan beberapa tanaman yang dapat berfungsi mengatasi polutan dari limbah rumah tangga.

Memancing Ikan di Danau Kelapa Dua

Danau Kelapa Dua dikelilingi oleh pepohonan yang rindang membuat siapa pun yang berkunjung akan merasakan sejuk melihat air disertai dengan hembusan angin. Ikan-ikan juga masih mudah ditemukan seperti ikan gabus, mujair, dan sepat. Di area pinggiran danau dibuat tempat berteduh sederhana untuk memancing agar tehindar dari teriknya sinar matahari. Biasanya warga sekitar mulai memancing ikan sekitar dari pukul 3 sore sampai dengan 8 malam.

Memancing Ikan

Satu orang dapat membawa lebih dari satu pancingan unttuk mendapatkan banyak ikan. Umpan yang digunakan berupa lumut dan pelet ikan. Para pemancing akan menyebar di beberapa titik danau untuk memaksimalkan hasil pancingan. Untuk menghindari rasa ngantuk biasanya ditemani oleh secangkir kopi yang dapat dibeli dari warung-warung disekitar danau.


Danau Kelapa Dua, Kabupaten Tangerang, Banten

Menjelang sore hari, danau akan semakin sejuk. Warna air nampak berubah menjadi hijau kebiruan. Ditengah padatnya aktivitas diperkotaan tentu memancing secara gratis di Danau Kelapa Dua dapat dijadikan sebagai alternatif hiburan.

Ketika memancing ikan perlu diperhatikan kesehatan pada kulit untuk selalu menggunakan lotion agar kulit tidak terbakar cahaya matahari. Selain itu, sebaiknya membawa payung agar dapat membantu ketika panas maupun hujan yang dapat datang secara tiba-tiba. Apalagi di masa pandemi seperti ini perlu tambahan menggunakan masker, selalu cuci tangan sebelum dan setelah beraktivitas, dan melakukan jaga jarak saat memancing agar tetap aman dan sesuai dengan protokol kesehatan.

Baca artikel lainya :