Subscribe Dengan Account Google untuk mendapatkan update info terbaru dari property145.com
Mengenal Desain Interior Wabi-Sabi Ala Jepang

Keindahan dalam ketidaksempurnaan merupakan arti dari Wabi - Sabi. Di dalam budaya Jepang konsep ini diangkat di dalam sebuah desain interior rumah. Kata "Wabi" sendiri dalam Bahasa Jepang memiliki arti "kesederhanaan" sementara kata "sabi" memiliki arti "ketidaksempurnaan". Wabi Sabi dimaknai sebagai pandangan hidup yang menerima kesederhanaan dan mencintai ketidaksempurnaan di dalam hidup.

Filosofi Wabi-Sabi

Buku Wabi Sabi Simple // Penulis " Richard R. Powell

Pada mulanya prinsip hidup Wabi-Sabi mulai dikenalkan di Jepang sekitar abad ke-14. Sebuah buku berjudul "Wabi Sabi Simple" yang dituliskan oleh Richard Powell di dalamnya dikatakan bahwa terdapat tiga realitas utama yang perlu dipahami di dalam kehidupan. Seperti hal-hal yang tidak bisa bertahan, tidak selesai, dan tidak ada yang sempurna.

Filosofi wabi-sabi ini mengajarkan pada makhluk hidup agar menerima ketidaksempurnaan dan hidup dengan kesederhanaan. Dengan menerima kekurangan maka akan lebih bersyukur dalam menjalani bahtera kehidupan duniawi. Wabi-sabi tidak hanya diterapkan pada gaya hidup, melainkan juga diimplementasikan pada sebuah desain rumah.

Desain rumah wabi-sabi tentu memiliki karakter dan ciri khas yang berbeda dari lainnya. Di dalamnya penuh kesederhanaan dan penerimaan. Namun tetap memberikan kesan rumah yang indah. Yuk simak berikut ini hal-hal yang diterapkan pada konsep rumah wabi-sabi.

LESS IS MORE...

Begini Konsep Desain Rumah Wabi-Sabi

1. Praktis dan Sederhana

Desain Interior Wabi Sabi // Foto : home-designing.com

Desain interior dengan gaya wabi sabi ini sangat mengedepankan kesederhanaan. Oleh karena itu, barang-barang yang digunakan hanya dipilih sesuai kebutuhan. Misalnya pada sebuah ruangan pada umumnya kamu akan mudah menemukan televisi, komputer, dan berbagai fasilitas lainnya. Namun berbeda halnya dengan ruangan yang memiliki konsep wabi-sabi karena semuanya nampak sederhana.

2. Membawa Kesan Outdoor / Alam

Desain Interior Wabi Sabi // Foto : home-designing.com

Wabi-sabi memang sangat identik dengan kesan alam yang dibawa ke dalam rumah. Misalnya penggunaan furnitur yang berasal dari alam dilengkapi dengan layout ruangan sederhana. Kesan yang ingin disampaikan nampak jelas disini berupa kesederhanaan dan penerimaan terhadap ketidaksempurnaan. Untuk kamu yang menyenangi desain-desain jaman dulu juga sangat cocok menerapkan konsep rumah ini.

3. Dekorasi Tak Beraturan

Desain Interior Wabi Sabi // Foto : Youtube Channel Pineapple Decor

Penerapan desain wabi-sabi memang tanpa batasan sehingga kamu bebas mendekorasi senyaman mungkin. Misal pada foto di atas tidak ada batasan yang jelas antara konsep tempat duduk sofa dengan kayu, semuanya menyatu. Hal ini tentunya unik karena kamu bisa membenturkan / mecampurkan berbagai furnitur tanpa memikirkan kecocokannya.

4. Terdapat Banyak Barang Lama yang Memiliki Makna Mendalam

Desain Interior Wabi Sabi // Foto : archdaily.com

Penggunaan furnitur yang terbuat dari bahan kayu menambah kesan lama dan mendalam. Kayu merupakan bahan baku alam yang sudah ada sejak zaman dahulu. Bahannya yang kuat dan awet memberikan sejarah dan makna tersendiri bagi si pemilik rumah. Selain itu, benda seperti guci, piring, gelas, dan mangkuk antik sangat cocok dijadikan furnitur rumah dengan desain wabi sabi.

5. Furnitur Modern dan Alami

Desain Interior Wabi Sabi // Foto : Andrey Avdeenko

Kehidupan di zaman modern seperti sekarang ini tentunya penggunaan peralatan rumah tangga tidak terlepas dari perkembangan teknologi. Desain wabi-sabi menggunakan furnitur yang terbuat dari bahan alami dan juga modern. Hal ini dipadukan agar segala kebutuhan hidup dapat cepat terpenuhi dengan peralatan modern tanpa mengurangi prinsip kesederhanaan.

Sekarang kamu sudah tau kan bagaimana menerapkan desain rumah wabi sabi. Pada intinya desain ini mengedapkan kesederhanaan dan menerima ketidaksempurnaan. Hal ini akan mengajarkan kamu untuk selalu bersyukur pada kehidupan, baik dari segi gaya hidup dan juga desain rumah. Kira-kira bagaimana apakah kamu tertarik menerapkan desain wabi - sabi di rumah?

Baca juga artikel lainnya :

Anda Juga Mungkin Menyukai Beberapa Artikel Ini