Subscribe Dengan Account Google untuk mendapatkan update info terbaru dari property145.com
Mengenal Konsep Rumah Split Level

Di dalam perkembangan seni arsitektur terdapat berbagai macam desain rumah yang telah dibuat. Desain tersebut muncul karena adanya kebutuhan dan kreatifitas dari para arsitek. Selain itu, perbedaan kondisi geografis menyebabkan adanya kebutuhan desain yang berbeda-beda. Seperti perbedaan desain antara rumah di lahan yang datar dengan berkontur.

Namun seiring berkembangnya waktu konsep desain rumah mulai menyebar secara global. Misalnya, desain rumah split level yang biasanya digunakan pada lahan berkontur kini juga digunakan pada area perkotaan. Desain rumah split level terkenal dengan gaya modern minimalis yang cocok diterapkan pada lahan terbatas sehingga cukup banyak peminatnya.

Apa itu rumah split level?

Gaya rumah split level merupakan konsep rumah yang setiap lantainya memiliki ketinggian level berbeda yang dihubungkan dengan beberapa anak tangga. Ketinggian tangga split level adalah setengah dari ketinggian tangga pada umumnya. Di dalam satu rumah split level mudah ditemukan lebih dari 2 tangga yang berukuran pendek.

Dilansir dari situs arsitag.com "gaya rumah split level merupakan varian dari rumah bergaya ranch-style, di mana split level memiliki kemampuan pemanfaatan ruang yang lebih baik.  Gaya rumah yang dikembangkan oleh Frank Lyold Wright ini mulai diperkenalkan di awal abad ke 20 bagi masyarakat Amerika pada umumnya."

Desain rumah dengan gaya split level terdapat kelemahan yaitu kurang cocok bagi anak-anak dan lansia karena menggunakan banyak tangga. Hal ini dapat menyebabkan risiko jatuh / kecelakaan di dalam rumah. Namun, bagi kamu yang masih millenial rumah dengan gaya ini patut dicoba karena memiliki banyak manfaat pada lahan yang sempit.

Yuk simak, ini keuntungan dari gaya rumah split level :

1. Cocok untuk bangunan pada lahan berkontur

Pada mulanya gaya rumah split level diciptakan untuk mengatasi pembuatan rumah pada lahan yang tidak rata. Oleh karenanya gaya ini benyak menggunakan tangga dengan level ketinggian rendah sebagai penghubung antar ruangan. Desain ini sangat cocok jika ingin diterapkan di daerah Bogor yang dikelilingi dengan area hijau.

Desain Rumah Split Level Di Bogor

2. Terdapat banyak fungsi ruang

Desain split level memanfaatkan setiap space rumah dengan baik sehingga memungkinkan kamu untuk memiliki banyak ruang. Gaya modern minimalis yang melekat pada desain rumah ini juga memberikan kesan yang luas. Pemisahan zona ruang dapat dilakukan dengan model split-entry yaitu memisahkan zona kamar tidur dan ruang tamu ada di bagian atas sementara bagian bawah digunakan untuk toilet, dapur, garasi, dan lainnya. Semuanya dihubungkan mengggunakan jalur tangga yang dipisahkan per tingkatan level.

Desain Rumah Split Level // foto : interiorzine.com

3. Memiliki desain yang unik

Gaya rumah split level memang terbilang unik baik desain luar rumah maupun dalam ruangan. Hal ini karena banyak memainkan space ruangan yang dipisahkan dengan tangga yang rendah. Justru keunikan inilah yang saat ini menjadi daya tarik kaum millenial. Mungkin tampak luar bangunan seperti rumah lantai 2 pada umumnya, namun ketika memasuki ruangan memiliki tampilan yang berbeda.

Desain Rumah Split Level // foto : rawsonhomes.com.au

4. Memiliki pencahayaan alami yang baik

Gaya desain ini membutuhkan banyak ruang yang tertuju langsung dengan lingkungan luar sehingga akan memanfaatkan kaca sebagai pembatas fisik. Oleh karenanya akan memudahkan cahaya matahari masuk ke dalam area rumah. Pencahayaan alami ini dapat membantu mengurangi penggunaan energi listrik pada siang hari.

Desain Rumah Split Level / foto : abbottwade.co.uk

5. Memiliki sirkulasi udara yang baik

Dengan adanya ruang tambahan pada gaya rumah split level membuat disediakannya ventilasi udara diberbagai ruangan. Hal ini membawa keuntungan karena rumah dengan gaya ini berarti menawarkan sirkulasi udara yang baik. Manfaatnya setiap hari kamu bisa merasakan udara segar di dalam rumah. Selain itu, hawa di dalam rumah juga akan selalu terjaga kelembabannya agar terhindar dari jamur dan bakteri.

Ventilasi Udara Pada Rumah Split Level // foto : decoist.com

Baca juga artikel lainnya :

Anda Juga Mungkin Menyukai Beberapa Artikel Ini