Subscribe Dengan Account Google untuk mendapatkan update info terbaru dari property145.com
Mengenal Kota Wittenoom Penambangan Abses

Wittenoom merupakan sebuah kota mati yang terletak di area terpencil di wilayah Pilbara, Australia Barat. Kota Wittenoom dikenal karena memiliki lokasi bekas tambang paling beracun di dunia dimana sekitar tahun 1930 - 1966 lokasi tersebut dijadikan sebagai penambangan abses.

sumber : absestosdisease.org.au

Pada bulan April 1943 Colonial Sugar Refinery (CSR) memulai penambangan Blue Asbestos di Wittenoom Gorge. Kemudian pada 31 Desember 1966, CSR menutup operasi penambangan asbestinya di Witten.

Dahulu, di Kota Wittenoom dihuni oleh sekitar 20.000 penduduk yang kini seluruh penduduknya telah meninggalkan kota tersebut dikarenakan pemerintah Australia memindahkan seluruh penduduknya atas dasar kesehatan dan terhindar dari bahaya zat beracun.

Langkah tegas pemerintah Australia menyikapi paparan abses di Wittenoom adalah dengan menghapus Wittenoom dari peta resmi yang menghilangkan statusnya sebagai kota dan juga menghilangkan rambu-rambu jalan menuju kota tersebut.

sumber : suara.com

Namun, kini terdapat wisatawan yang nekat dan berhasil menuju ke kota Wittenoom secara mandiri hanya sekedar untuk mengambil foto. Tentu hal ini sangat berbahaya karena disana banyak zat beracun, menurut pemerintah Australia serat-serat abses yang berbahaya tersebar di seluruh Kota Wittenoom. Paparan abses ini dapat menyebabkan penyakit berbahaya seperti kanker mesothelioma, asbestosis, dan kanker paru.

Penambangan dan penggilingan asbes biru CSR di Wittenoom telah memberikan dampak signifikan pada semua warga Australia. Australia Barat khususnya memiliki tingkat mesothelioma ganas tertinggi daripada Negara bagian di Australia atau di tempat lain di dunia per kapita populasi (absestosdisease.org.au).

Baca artikel lainya :

Anda Juga Mungkin Menyukai Beberapa Artikel Ini