Subscribe Dengan Account Google Jika Anda Ingin Membaca Artikel Tanpa Iklan
Mengenal Pohon Akasia, Pohon Kaya Manfaat

Pohon akasia merupakan pohon yang sudah cukup familiar dengan kehidupan masyarakat indonesia. Sebagai negara tropis indonesia merupakan salah satu habitat pertumbuhan pohon akasia. Pohon akasia ternyata memiliki berbagai nama di banyak negara berikut ini taksonomi dari pohon akasia :

Acacia mangium (Fabaceae) Nama umum/ lokal : Tongke Hutan, Magga hutan (Indonesia) Hickory wattle, Brown salwood, Sabah salwood, (Australia, Inggris) Mangium, kayu SAFODA (Malaysia) Arr ( Papua Nugini), Maber (Filipina), Zamorano (Spanyol).

Penyebaran pohon akasia

Pohon akasia tumbuh alami di hutan tropis lembab di Australia bagian timur, Papua Nugini, kepulauan maluku timur Indonesia (National Research Council 1983). Setelah berhasil diintroduksikan ke Sabah, Malaysia, pada tahun 1960-an mangium banyak diintroduksikan ke berbagai negara termasuk Indonesia, Malaysia, Papua Nugini, Bangladesh, Cina, Thailand, India, Filipina, Srilanka dan India.

Mengenal pohon akasia

Pohon ini bisa mencapai ketinggian 30 meter. Dan tahu gak, batangnya bebas cabang lurus ke atas. Batangnya mulus dan berwarna kehijauan saat umur pohon sebelum umur 2-3 tahun, tapi setelahnya akan terlihat celah-celah di batang dan teksturnya keras dengan warna yang berubah menjadi coklat.

bunga pohon akasia
bunga pohon akasia

Daun juga begitu pada saat masih kecil daunnya termasuk daun majemuk tapi selang beberapa minggu berubah menjadi phyllode. Phyllode ini memiliki tulang daun yang paralel dengan panjang 25 cm dan lebar 15 cm.

Baca juga: Serpong garden, perumahan 5 menit dari stasiun cisauk

Bunga terbentuk dari bunga-bunga kecil berwarna putih atau krem mirip dengan paku. Saat mekar bentuknya mirip dengan sikat botol. Bijinya berwarna hitam dengan bentuk yang bervariasi.

Manfaat pohon akasia

Manfaat dari bagian-bagian pohon akasia sangat membantu kehidupan manusia seperti

  1. Ini dikarenakan pohon akasia ini mengeluarkan aroma khas yang wangi yang bisa digunakan untuk aroma parfum
  2. Tanaman hias. Ada beberapa spesies akasia yang bisa digunakan sebagai tanaman hias dan mempunyai nilai jual yang tinggi
  3. Astrigen ini banyak digunakan untuk produk kecantikan. Dan pohon akasia ada zat tanin yang bisa diekstraksi
  4. Obat diabetes dan hipertensi. Rebusan daun akasia mampu menormalkan kadar gula darah dan tekanan darah
  5. Menjaga struktur tanah. Hal ini karena pohon akasia bisa menahan lereng atau tebing agar tak longsor makanya baik untuk penghijauan
  6. Peneduh jalan. Karena pohonya yang tinggi baik untuk peneduh jalan

Manfaat yang banyak dati pohon akasia makanya banyak mulai dibudidayakan. Terutama juga untuk penghijauan karena mampu menahan lereng atau tebing dari longsor. Nah, untuk budidaya akasia  Benih dari akasia merupakan hasil dari persemaian dari benih lokal.

Tips menanam pohon akasia

Untuk menanam bibit bagusnya dilakukan saat awal musim penghujan. Bibit akasia yang sudah tingginya 50 cm dapat dipindahkan ke dalam lubang tanam yang sudah disediakan sebelumnya. Pohon  akasia ini tak memerlukan perawatan yang rumit. Saat umur 6 bulan bisa diberikan pupuk kandang.

Jika ada hama bisa digunakan insektiseda. Perawatan rutin lainnya adalah pemotongan cabang batang agar kualitas kayu tetap terjaga. Karena kalau tak dipotong akan timbul mata kayu. Dilakukan saat pohon akasia masih muda. Ini tujuannya agar mata kayu tidak terlihat jelas.

Baca juga: Keuntungan menggunakan furniture berbahan kayu

Pohon akasia yang sudah berumur 7 tahun sudah boleh ditebang. Karena kayunya punya kualitas yang bagus makanya bisa digunakan untuk bahan baku lemari, meja, kursi.

Untuk hama yang bisa menyerang pohon akasia sangat bervariasi dan menyebabkan kerugian sehingga pohon akasia tak bisa diambil manfaatnya. Misal seperti kumbang penggerek bisa menyebabkan batang kering, keluar getah, batang berlubang dan ada bekas gesekan dan ada bintik hitam. Biasanya dilakukan pemotongan cabang yang terkena hama.

Jadi kalau kita lihat pohon akasia ini bisa digunakan untuk penghijauan dan selain itu kayunya bisa digunakan untuk pembuatan kertas dan pulp. Bisa bayangkan ya dua manfaat ini bisa berkolaborasi.

Pohon akasia juga bisa tumbuh dengan baik di daerah perbukitan dan lereng-lereng gunung sehingga sangat cocok untuk menahan erosi.

Baca artikel lainya :