Panen Cuan Dari Bertani Pohon Emas Hijau

Bertani merupakan mata pencaharian sebagian besar masyarakat dikawasan nusantara, dari bertani dengan lahan garapan sempit sampai dengan lahan garapan luas. Kawasan nusantara yang merupakan kawasan hujan tropis memang sangat tepat untuk bertani karena curah hujan yang tinggi.

Berbicara tentang pemanfaatan lahan pertanian terutama lahan dengan tingkat kemiringan tinggi, masyarakat sejak jaman dahulu telah memanfaatknya dengan menanam berbagai macam kayu seperti kayu jati, sono keling dan juga mahoni.

Dewasa ini kebutuhan akan kayu semakin meningkat namun ketersediaan bahan baku kayu sangat terbatas. Hal ini lebih banyak dikarenakan masa pertumbuhan kayu yang lambat, terutama untuk industri kerajinan rumah tangga yang sebelumnya memanfaatkan kayu jati, kini mulai di siasati dengan kayu-kayu lain seperti mahoni dan sejenisnya.

Selain industri kerajinan rumah tangga, ada juga industri kertas dan konstruksi, di dua sektor industri ini paling banyak membutuhkan kayu sebagai bahan baku. Namun ketersediaan bahan baku yang sedikit akhir-akhir ini cukup sulit bagi para pengusaha untuk bisa menjaga alur produksinya.

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium
Dan nikmati GRATIS AKSES Konten Premium!

Anda Juga Mungkin Menyukai Beberapa Artikel Ini