Subscribe Dengan Account Google untuk mendapatkan update info terbaru dari property145.com
Permukiman dengan konsep Aero City

Kecamatan Kertajati, Kabupaten Majalengka

Aero City merupakan sebuah konsep kota yang terintegrasi dengan bandara. Sebuah kabupaten/kota berhak memiliki konsep untuk dijadikan sebagai arah pengembangan dimasa mendatang. Kita sudah tidak asing lagi dengan Provinsi Jawa Barat yang letaknya berdekatan dengan Ibu Kota DKI Jakarta. Sebagai provinsi pendukung dengan jumlah penduduk mencapai 48,68 juta pada tahun 2018, maka tidak dipungkiri jika Jawa Barat memiliki aksesibilitas yang inggi. Oleh karena itu, dibentuklah suatu bandara baru yang diberi nama BIJB (Bandar Udara Internasional Jawa Barat) terletak di Kecamatan Kertajati, Kabupaten Majalengka.

Adanya bandara baru ini telah mengubah konsep Kecamatan Kertajati menjadi Aero City, berangkat dengan konsep baru ini maka Kec. Kertajati memberanikan diri mengubah view/landscape daerahnya dengan pernak-pernik pesawat terbang.

Konsep Aero City ini merupakan salah satu upaya memberdayakan masyarakat setempat agar terintegrasi dengan BIJB melalui pengembangan sektor ekonomi. Konsep Aero City dijadikan sebagailandmark pada titik masuk area kawasan Kertajati, landmark tersebut berupa simbol pesawat terbang. Bentuk Bandara Kertajati yang menjadi sentral dan kawasan permukiman disekitarnya sebagai kawasan pendukung kemudian dipadukan dengan penataan konsep arsitektur yang estetis dimana permukiman tetap berbentuk seperti bangunan khas budaya Kab.Majalengka maka semuanya terlihat epic dalam satu kemasan.

Namun, sayangnya Kec.Kertajati masih sepi penduduk, menurut perhitungan kepadatan penduduk dapat diketahui bahwa Kec. Kertajati hanya memiliki kepadatan kurang lebih 20 orang/ha. Tentu hal ini sangat sedikit jumlahnya, jika hal ini tidak diimbangi dengan pertumbuhan penduduk yang cukup signifikan maka konsep Aero City tidak akan berjalan secara sempurna, atau mungkin bisa menjadi konsep yang mati.

Aero City

Sebenarnya, jika konsep ini terimplementasi dengan baik dapat memungkinkan adanya peningkatan harga tanah maupun properti disekitar bandara. Dalam bentuk investasi penguasaan daya beli properti dan tanah harusnya akan meningkat seiring perkembangan bandara. untuk mengantisipasi adanya lonjakan harga tanah yang berlebihan tentunya pemerintah tetap melakukan pengawasan, oleh karena itu msyarakat yang ingin bermukim di Kec. Kertajati tidak perlu khawatir akan hal ini.

baca juga artikel lainya:

Kemudian, terdapat pula kawasan wisata yang beberapa tahun terkahir ini terus dikembangkan di Kawasan Kabupaten Majalengka. Hal ini untuk mendukung daya tarik masyarakat di Kab. Majalengka itu sendiri dan domestik lainnya untuk berkunjung ke Majalengka baik sebagai wisatawan domestik maupun untuk bertempat tinggal. Yuk jangan ragu untuk berpindah tempat menemukan zona yang nyaman, daripada terus berdesak-desakan di dalam kisruh Ibu Kota.

Salam Tata Kota

Anda Juga Mungkin Menyukai Beberapa Artikel Ini