Subscribe Dengan Account Google untuk mendapatkan update info terbaru dari property145.com
Pesona Tanaman Tabebuya

Apakah kamu pernah melihat bunga sakuranya Indonesia?

Bunga sakura identik dengan warna pinknya yang sangat indah. Pada musim semi seluruh bagian ranting pohon sakura tertutupi oleh bunga. Sementara pada musim gugur keelokan bunga sakura akan berjatuhan dijalanan yang menghiasi area kota di Jepang. Kalau bunga sakura tumbuh di Jepang maka ada juga bunga yang mirip bunga sakura dan tumbuh di Indonesia.

Mulanya tanaman ini ramai diperbincangkan di Kota Surabaya karena saat itu keelokannya menghiasi jalanan kota. Kemudian banyak orang bertanya apakah nama tanaman itu? tanaman yang mirip dengan bunga sakura tersebut bernama Tabebuya. Di Indonesia tanaman Tabebuya dikenal juga dengan sebutan bunga terompet karena bentuk kelopak bunganya yang memanjang seperti terompet.

Asal Tanaman Tabebuya

Hutan Hujan Amazon

Tanaman ini tidak berasal dari Indonesia melainkan berasal dari hutan hujan Amazon (Brazil). Sehingga Tabebuya dapat tumbuh di wilayah tropis seperti negara Indonesia yang dilewati oleh garis khatulistiwa. Ciri khas tanaman yang berasal dari hutan hujan Amazon adalah ketahanannya yang kuat terhadap kekeringan.

Tanaman Tabebuya dapat tumbuh dengan baik pada wilayah yang beriklim kering dan mendapat pencahayaan matahari yang cukup baik. Di wilayah asalnya (hutan hujan Amazon) terdapat sekitar 100 spesies Pohon Tabebuya. Berasal dari Amerika tropis, Tabebuya dapat tumbuh paling baik di bawah sinar matahari penuh di tanah yang cukup subur dengan kelembaban sedang.

Memiliki Aneka Ragam Warna

Pohon Tabebuya di Kota Surabaya

Di Kota Surabaya Jenis Pohon Tabebuya yang ditanam adalah Tabebuia Chrysotricha (Golden Trumpet Tree). Pohon terompet emas sangat berguna sebagai pohon median jalan karena tampilan bunganya yang cerah, dan tahan terhadap kekeringan. Setelah didirikan, ia dapat bertahan hidup hanya dengan hujan dan menghasilkan tampilan bunga yang sangat bagus setiap tahun.

Jenis Pohon Tabebuya lainnya adalah Handroanthus impetiginosus (Pink Trumpet Tree). Terompet Lavender ini nampak begitu mirip dengan bunga sakura. Apabila kedua jenis Tabebuya ini diletakan di sepanjang median jalan maka akan menghasilkan daya tarik tersendiri karena warnya yang begitu indah.

Pink Trumpet Tree

Selain bewarna kuning dan pink, tanaman Tabebuya juga dapat menghasilkan bunga bewarna magenta, merah dengan garis ungu, dan pink tua. Tanaman ini cukup digemari untuk menambah nilai estetika dan memberikan supply oksigen bagi lingkungan. Nilai estetika yang diberikan menjadi daya tarik misal untuk kepentingan fotografi dan rekreasi masyarakat.

Umumnya tanaman Tabebuya dapat berbunga saat tingginya mencapi lebih dari 4 m atau sekitar usia 1 tahun dan berbunga pada musim kemarau. Bunga Tabebuya berbentuk terompet dengan panjang antara 3 hingga 11 cm. Bung Tabebuya juga tumbuh lebat dan bergerombol nampak seperti menutupi daun dan menghiasi ranting pohon.

Harga Tanaman Tabebuya

Dilansir dari beberapa situs online, harga tanaman Tabebuya bewarna kuning ukuran 1 meter sekitar Rp 60.000,00. Sementara tanaman Tabebuya yang bewarna pink memiliki harga cenderung lebih tinggi, ukuran 1 meter dibandrol sekitar Rp 80.000,00. Lalu untuk tanaman Tabebuya bewarna ungu 1 meternya dibandrol dengan harga Rp. 55.000.00. Harga tersebut dapat berubah-ubah sesuai dengan permintaan pasar/konsumen.

Tidak ada salahnya membeli Tanaman Tabebuya lhooo, untuk di tanam di halaman rumah misalnya. Bangun dipagi hari pada musim kemarau kemudian pergi ke halaman rumah dan melihat bunga Tabebuya bermekaran. Bagimana, apakah kamu tertarik memilikinya?

Yuk baca juga artikel lainnya :

Anda Juga Mungkin Menyukai Beberapa Artikel Ini