Subscribe Dengan Account Google untuk mendapatkan update info terbaru dari property145.com
Revitalisasi Kawasan Pesisir Kamal Muara

Apa itu Revitalisasi Kawasan Pesisir?

Revitalisasi adalah upaya untuk memvitalkan kembali suatu kawasan atau bagian kota yang dulunya pernah vital/hidup, akan tetapi kemudian mengalami kemunduran/degradasi. Skala revitalisasi ada tingkatan makro dan mikro. Proses revitalisasi sebuah kawasan mencakup perbaikan aspek fisik, aspek ekonomi dan aspek sosial. Pendekatan revitalisasi harus mampu mengenali dan memanfaatkan potensi lingkungan (sejarah, makna, keunikan lokasi dan citra tempat) (Danisworo, 2002).

Revitalisasi sendiri bukan sesuatu yang hanya berorientasi pada penyelesaian keindahan fisik saja, tapi juga harus dilengkapi dengan peningkatan ekonomi masyarakatnya serta pengenalan budaya yang ada. Untuk melaksanakan revitalisasi perlu adanya keterlibatan masyarakat. Keterlibatan yang dimaksud bukan sekedar ikut serta untuk mendukung aspek formalitas yang memerlukan adanya partisipasi masyarakat, selain itu masyarakat yang terlibat tidak hanya masyarakat di lingkungan tersebut saja, tapi masyarakat dalam arti luas (Laretna, 2002).

Pengertian wilayah pesisir menurut Soegiarto (Dahuri, dkk, 2001: 9) yang juga merupakan pengertian wilayah pesisir yang dianut di Indonesia adalah daerah pertemuan antara darat dan laut, dimana wilayah pesisir ke arah darat meliputi daratan, baik kering maupun terendam air yang masih dipengaruhi sifat- sifat laut seperti pasang surut, angin laut dan perembesan air asin, sedangkan ke arah laut wilayah pesisir mencakup bagian laut yang masih dipenganahi oleh proses-proses alami yang teijadi di darat seperti sedimentasi. Di dalam hal ini yang menjadi lokasi penelitian adalah kawasan pesisir di daerah Kamal Muara.

Inovasi Kawasan Pesisir Kamal Muara

kamal muara
Analisis Potensi dan Masalah

Poster di atas merupakan kajian potensi dan masalah yang terdapat di Kelurahan Kamal Muara, tujuan dari diciptakannya analisis tersebut adalah sebagai bahan pembelajaran pada mata kuliah Revitalisasi Urban.

konsep rumah apung kamal muara
Konsep Rumah Apung

Konsep Rumah Apung diangkat sebagai salah satu solusi dari permasalahan yang ada pada lokasi penelitian dikarenakan lokasi berdekatan dengan muara. Di mana muara tersebut merupakan tempat berlabuhnya kapal-kapal kecil, selain itu lokasi permukiman para nelayan juga berdekatan. Permasalahan yang sering terjadi seperti banjir akan sangat mengganggu aktifitas warga. Oleh karena itu salah satu inovasi mahasiswa planologi adalah dengan membuat rumah apung. Penelitian ini hanyalah sebagai bahan pembelajaran, untuk menerapkannya membutuhkan kajian yang lebih mendalam lagi.

baca juga artikel lainya :

Anda Juga Mungkin Menyukai Beberapa Artikel Ini