Subscribe Dengan Account Google Jika Anda Ingin Membaca Artikel Tanpa Iklan
Sebuah Utopia Kota Hantu Kangbashi

Ordos, Kangbangshi sebuah district di China yang terletak di Mongolia dalam. Kabangshi merupakan sebuah kota baru yang digagas untuk menghasilkan kota yang nyaman dengan fasilitas mewah dan megah. Bangunan-bangunan disana dibangun secara lengkap, seperti adanya stadion internasional, plaza publik yang mewah, apartemen dalam jumlah banyak, dan museum dengan arsitektural yang unik.

Kota Kangbangshi

Pembangunan di kota ini selesai dalam waktu 10 tahun dengan menggunakan biaya dari Pemerintah China. Pada tahun 2009 kota ini disebut sebagai kota hantu karena tidak ada penduduk di kota tersebut. Kabarnya hal ini disebabkan oleh harga pajak yang sangat tinggi dan bangunan yang mudah rusak.

Ordos Art Museum
Source : Archdaily

Rencana Awal Pembangunan

Mulanya, Kangbangshi direncanakan sebagai kota baru yang akan dihuni oleh kurang lebih 300.000 jiwa pada tahun 2023 atau setelah 20 tahun pembangunan dimulai. Kota baru ini akan berfungsi sebagai kantor - kantor pemerintah, pusat administrasi, pusat kesehatan, dan pusat pendidikan yang terbaik.

Kangbashi yang terlat di Ordos memiliki sumber daya alam berupa batubara yang dapat menjadi sumber penghasilan bagi warga disana. Fasilitas yang tersedia di Ordos berupa museum kelas dunia, gedung opera yang mewah, perpusatkaan untuk pusat pendidikan, dan gedung - gedung megah lainnya.

Kota Kangbashi Saat Ini

Dikabarkan sekarang ini Kota Kangbangshi sudah diisi oleh 100.000 jiwa atau 1/3 dari target penduduk yang diharapkan. Namun, tidak ada yang tau angka pasti jumlah penduduk disana karena masih tampak sepi, orang yang melihatnya mungkin akan berkata seperti kota "hantu".

Ghost Towns, Kangbashi Ordos
Source : Forbes

Dongsheng sebuah district yang lokasinya sekitar 25 km dari Kangbangshi merupakan sebuah district yang ramai dan kumuh. Awalnya pemerintah berharap masyarakat dapat memiliki hunian yang lebih baik dan tidak terlalu ramai di kawasan Kangbangshi. Namun, karena akses yang belum cukup ramai dan sepinya penduduk disana sampai sekarang belum ada perkembangan penghuni yang signifikan.

Sebagai sebuah kota baru rancangan di Kangbashi dianggap terlalu utopis dan terburu - buru. Pajak tinggi yang harus dibayarkan oleh penghuni membuat tidak semua lapisan masyarakat dapat tinggal disana. Namun, kini pemerintah sedang berupaya untuk meningkatkan daya tarik di kota tersebut seperti pembangunan ruang terbuka hijau yang indah dan cantik.

Baca artikel lainya :