Subscribe Dengan Account Google untuk mendapatkan update info terbaru dari property145.com
Asiknya Olahraga di Taman Menteng

Taman Menteng merupakan salah satu taman yang cukup terkenal di DKI Jakarta. Luas Taman Menteng sendiri mencapai 2 hektar dengan jumlah tanaman lebih dari 1000 pohon dan 30 jenis tanaman hias. Banyaknya jumlah pohon di Taman Menteng telah membantu menyuplai oksigen paru-paru kota.

Letak Taman Menteng berada di Jl. HOS. Cokroaminoto, RT.3/RW.5, Menteng, Kota Jakarta Pusat. Persis di tengah-tengah pusat DKI Jakarta. Di tengah-tengah padatnya permukiman perkotaan, Taman Menteng berfungsi sebagai ekologi kota, ruang publik dan tempat bersosialisasi warga.

foto:instagram.com/@gitawuland

Bagi kalian yang mau berkunjung ke Taman Menteng bisa datang pada hari biasa maupun hari libur. Jam operasionalnya adalah mulai pukul 06.00 am - 18.00 pm. Umumnya pada hari biasa taman akan ramai pada sore hari, biasanya dipenuhi oleh anak-anak yang bermain futsal dan bola. Sedangkan pada hari libur, biasanya ramai pada pagi dan sore hari. Taman Menteng sangat cocok dijadikan sebagai referensi untuk berolahraga dan refreshing.

foto:instagram.com/@gisam0ur

Sejarah Taman Menteng

Taman Menteng diresmikan pada tahun 2007 oleh Gubernur DKI Jakarta pada saat itu. Sebelumnya , Taman Menteng adalah sebuah lapangan bernama Voetbalbond Indische Omstreken Sport yang sudah ada dari sejak zaman Belanda, tahun 1920 an.

Dulu pada tahun 1970-an tempat ini sempat menjadi markas grup sepakbola Jakarta (Persija) sebelum akhirnya pindah ke Stadion Lebak Bulus, Jakarta Selatan. Pada tahun 2006 Lapangan Vios di revitalisasi menjadi Taman Menteng dengan dilengkapi berbagai prasarana pendukung yang lebih lengkap, aman dan nyaman.

foto:instagram.com/@pande_lebih

Kini, Taman Menteng berperan sebagai taman sekaligus ruang terbuka publik sebagai wadah interaksi sosial masyarakat. Akses Taman Menteng terbuka untuk umum, walaupun secara lokasi berada di antara permukiman mewah Kawasan Menteng.

Menilik kilas balik ke belakang, bahwa Kawasan Menteng merupakan salah satu kawasan elit di Ibu Kota Jakarta yang dulunya diperuntukan bagi pejabat tinggi negara. Presiden Obama kecilnya sempat tinggal di Menteng dan mengenyam pendidikan di SDN 01 Menteng, lokasinya tidak jauh dari Taman Menteng. Tidak heran jika Taman Menteng cukup terkenal karena memiliki sejarah yang panjang.

foto:instagram.com/@tommytjahjono

Fasilitas Taman

Terdapat banyak aktivitas beragam yang bisa dilakukan di sini, seperti bermain di playground, jogging, bulu tangkis, dll. Taman Menteng memiliki fasilitas yang cukup lengkap, di antaranya : lapangan futsal, lapangan bulu tangkis, lapangan voli, lapangan basket, jogging track, parkir sepeda, playground, dan alat-alat olahraga.

foto:instagram.com/@adindapthalita

Buat kalian yang ingin berkunjung ke Taman Menteng, tiketnya gratis ya teman-teman karena ini merupakan ruang publik, sehingga tidak ada HTM (Harga Tiket Masuk) yang dibebankan kepada pengunjung. Akses menunju Taman Menteng juga sangat mudah karena letaknya berada di tengah-tengah DKI Jakarta. Untuk rutenya teman-teman bisa buka google maps dan ikuti arah menuju Taman Menteng.

Yuk baca juga artikel lainnya:

Anda Juga Mungkin Menyukai Beberapa Artikel Ini