Subscribe Dengan Account Google untuk mendapatkan update info terbaru dari property145.com
Tips Agar Tetap Produktif Kerja Dirumah

Dengan adanya wabah covid-19 sebagian besar perusahaan di kota besar di Indonesia, terutama kota Jakarta mempekerjakan karyawanya dari rumah atau istilah kerennya WFH (Work From Home).

WFH bagi sebagian yang tak terbiasa kerja dari rumah, tentunya ini jadi problem tersendiri, apalagi kalau lingkungan rumah kita rame dan dirumah kita ada anak kecil ini akan sulit sekali berkonsentrasi yang tentunya akan mengurangi produktifitas kita kerja dirumah.

property145.com merangkum beberapa tips agar kamu tetap bisa produktif kerja darii rumah.

1) Pastikan koneksi internet lancar

Pastikan koneksi internet Anda lancar. Karena semua pekerjaan dilakukan secara online maka koneksi internet menjadi kunci utama saat work from home. Jika Anda sudah berlangganan internet kabel tidak perlu khawatir, tetapi untuk Anda yang menggunakan jaringan selular pastikan koneksinya lancar.

"Koneksi yang dilakukan pun harus aman, karena work from home mengerjakan pekerjaan kantor yang bersifat penting. Apalagi yang berhubungan dengan data-data sensitif seperti data pelanggan, keuangan dan sejenisnya," katanya.

2) Laptop aman

Laptop untuk bekerja pastikan normal tidak mengalami kendala yang berarti. Kalau bisa laptop yang digunakan adalah yang biasa dipakai saat bekerja di kantor. Jadi semua aplikasi yang sering digunakan lengkap tidak perlu install-install lagi. Selain itu pastikan data-data penting yang ada di laptop semuanya juga lengkap.

baca juga : Simulasi Perhitungan KPR

3) Komunikasi dengan tim

Komunikasi ini menjadi suatu hal yang krusial dalam produktivitas work from home. Jika saat bekerja di kantor dengan mudah bisa memanggil atau diskusi secara langsung dengan rekan satu tim. Tetapi saat Anda bekerja dari rumah, Anda perlu menggunakan aplikasi komunikasi online antar tim.

4) Buat meja kerja yang nyaman

Membuat meja kerja senyaman mungkin. Tujuannya agar Anda tidak bosan bekerja dengan suasana yang berbeda dari meja kerja kantor biasanya. Jangan lupa untuk gunakan kursi kerja yang nyaman agar tidak mudah capek.

"Tidak disarankan saat work from home dengan lesehan atau rebahan, biasanya tidak akan bertahan lama setelah itu akan timbul rasa ngantuk," jelasnya.

5) Buat target

Kerja tidak memiliki target yang jelas pasti tidak maksimal, yang ada malah banyak malas-malasanya. Untuk sistem working from home ini Anda bisa menggunakan aplikasi kolaborasi untuk bekerja.

"Jadi bisa memantau kinerja tim dalam satu dashboard saja, jadi akan kelihatan mana yang sesuai target mana yang belum," jelasnya.

6) Atur jam kerja

Waktu adalah kunci dari produktivitas saat melakukan work from home. Gunakan alarm supaya lebih konsisten. Selain itu, juga bisa mengatur jam kerja kita sendiri, karena waktu lebih fleksibel dalam melakukan pekerjaan.

"Dengan menjaga jam kerja, kita bisa mempertahankan konsistensi dan juga fokus dalam menyelesaikan pekerjaan," katanya.

7) Istirahat yang cukup

Beristirahat sangat penting untuk otak yang aktif bekerja. Apalagi, jika kita sudah menggunakannya untuk berkonsentrasi selama 4 jam non-stop. Hal tersebut bisa membuat Anda jadi frustasi. Istirihat yang cukup membantu memperlancar peredaraan darahmu dan mendapat motivasi untuk menyelesaikan pekerjaanmu.

Tetap jaga kesehatan keluarga yak sahabat property145, karena jika kita sehat kita akan selalu bisa mengerjakan banyak hal dimasa mendatang.

baca artikel lainya :

Anda Juga Mungkin Menyukai Beberapa Artikel Ini