Subscribe Dengan Account Google Jika Anda Ingin Membaca Artikel Tanpa Iklan
Tips Membuat Desain Interior Kamar Minimalis

Rumah yang dibangun pada luasan lahan tertentu harus memiliki fungsi ruang yang jelas. Apalagi jika dibangun pada lahan yang sempit maka ruang harus dimanfaatkan sebaik mungkin. Oleh karenanya, dibutuhkan konsep desain minimalis modern.

Keunggulan dari desain minimalis adalah tersedianya sisa ruang yang cukup luas, estetik, dan modern. Perpaduan warna ruangan dengan furnitur menghasilkan kombinasi yang elegan.

Pemilihan konsep minimalis sangat tepat untuk kamu yang menyukai desain sederhana. Membuat desain interior kamar dapat dilakukan dengan menggunakan jasa professional maupun dilakukan sendiri.

Apakah kamu ingin mencoba membuat desain interior kamar sendiri?

Yuk simak berikut ini tips-tips yang bisa kamu gunakan dalam mewujudkan kamar dengan desain interior minimalis.

1. Mengetahui Luas Kamar


Desain Kamar Tidur Minimalis / Foto : Sharp.com

Sebelum membuat desain minimalis, penting untuk mengetahui luas kamar terlebih dahulu. Dimensi ruangan akan berpengaruh pada furnitur yang akan digunakan.

Saat memilih furnitur pilihlah ukuran yang tidak terlalu besar. Pastikan furnitur tersebut memiliki fungsi di dalam ruangan. Misalnya menaruh rak buku, lemari, tempat tidur, kursi, dan meja belajar.

2. Memperhatikan Posisi Kamar Tidur

Desain Kamar Tidur Minimalis / Foto : InsinyurBangunan.com

Biasanya kamar tidur ada yang berada didekat jendela dan ada juga yang terletak di dalam rumah. Hal ini berpengaruh terhadap desain. Penempatan tempat tidur sebaiknya diletakan pada tempat yang nyaman di dekat jendela agar bisa menikmati sinar matahari pagi.

Sementara jika kamar tidurmu berada di dalam rumah yang jauh dari jendela maka atur posisi kasur dengan mendekati tembok. Hal ini bisa memberikan banyak space untuk furnitur lainnya.

3. Menentukan 3 Kombinasi Warna Ruangan


Desain Kamar Tidur Minimalis / Foto : RumahHokie.com

Pada desain minimalis cenderung menggunakan sedikit warna. Biasanya menggunakan 3 warna utama yang dikombinasikan dengan sedemikian rupa.

Warna yang digunakan bisa perpaduan antara warna gelap dan terang. Penggunaan warna terang seperti putih dapat memberikan kesan yang lebih luas pada ruangan.

4. Memilih Furniture Ruangan

Rak Gantung Minimalis / Foto : bosproperti.com

Gunakan furnitur yang simpel dam banyak memiliki manfaat. Contohnya penggunaan rak gantung yang dapat berfungsi sebagai rak buku dan aksesoris.

Rak gantung biasanya akan ditempel pada tembok kamar. Kamu juga bisa menambahkan rak dibawah tempat tidur untuk memaksimalkan ruang yang tersisa.

5. Hindari Penggunaan Tempat Tidur Besar

Tempat Tidur Minimalis / Foto : dekoruma.com

Gunakan tempat tidur ukuran tidak terlalu besar agar tidak memakan banyak tempat. Kamu bisa memakai konsep tempat tidur atas bawah yang dapat digunakan untuk dua orang.

Itu adalah tips - tips untuk membuat desain interior kamar minimalis. Kamu tertarik untuk mencobanya?

Baca juga artikel lainnya :