Subscribe Dengan Account Google untuk mendapatkan update info terbaru dari property145.com
Tips Memilih Gorden Untuk Mempercantik Ruangan

Gorden atau tirai merupakan kain yang digunakan untuk menghalau cahaya matahari, biasanya dipasang pada jendela rumah. Sebuah rumah sebagian besar tentu memiliki jendela yang berfungsi sebagai sirkulasi udara. Umumnya saat ini jendela terbuat dari bahan kaca yang mudah ditembus oleh cahaya matahari.

Pada siang hari ketika matahari sedang terik-teriknya mungkin kamu menginginkan ruangan yang teduh. Oleh karenanya jendela perlu ditutup dengan kain pelapis berupa gorden. Sebelum kamu membeli gorden sebaiknya ketahui terlebih dahulu semua hal yang berkaitan, seperti tema dari kamar atau bagian rumah yang ingin dipasang gorden.

Saat kamu berkunjung ke toko gorden mungkin akan sedikit mengalami kebingungan jika ditanya akan memilih blackout atau vitrase? Blackout dan vitrase merupakan dua jenis model transparansi gorden yang akan dibahas lebih lanjut di bawah ini.

Yuk simak berikut ini tips cara memilih gorden minimalis untuk ruangan.

1. Tema

Gorden Cantik // Foto : Marvezo (Siplah.blibli.com)

Ketahui terlebih dahulu tema dari ruangan yang akan dipasang gorden karena hal ini akan berpengaruh pada model dan warna gorden. Tema ruangan dapat berupa minimalis, vintage, kontemporer, modern, tradisional, skandinavia, dan lain-lain.

Setelah mengetahui tema dari ruangan maka selanjutnya kamu dapat menentukan transparansi gorden yang terdiri dari tiga jenis yaitu : vitrase, semi blackout, dan blackout. Vitrase merupakan gorden paling tipis dengan tingkat transparansi yang tinggi, biasanya digunakan pada bagian dasar gorden.

Semi blackout memiliki tingkat transparansi yang sedang sehingga cahaya matahari tidak sepenuhnya menembus bagian dalam rumah (samar-samar). Sementara itu, untuk blackout merupakan gorden berbahan tebal dengan warna pekat dengan pelapis tambahan vitrase yang membuat cahaya matahari sulit menembus ruangan.

2. Model

Gorden Minimalis // Foto : wallpapergordyn.com

Terdapat tiga jenis model pada tampilan gorden, yaitu : model panel pair, single panel, dan treatment set. Model panel pair biasanya digunakan pada gaya rumah klasik dan kontemporer, ciri khas dari model ini adalah dua gorden yang saling terpisah dengan titik temu ditengah.

Selanjutnya model single panel yang terdiri dari satu gorden sehingga bersifat lebih fleksibel untuk digunakan pada gaya rumah apa saja. Kemudian model treatment set yang terdiri atas dua gorden dilengkapi valance pada bagian atas gorden.

3. Warna

Gorden Minimalis // Foto : aik.co.id

Pemilihan warna sangat mempengaruhi keindahan dari suatu ruangan. Begitupun dengan gorden yang juga berfungsi sebagai salah satu pelengkap aksesoris ruang. Pastikan kamu memilih warna yang matching dengan furnitur, cat tembok dan aksesoris ruangan. Misal kamu menggunakan gaya desain rumah minimalis maka warna gorden akan sangat berkaitan dengan warna lain di dalam ruangan tersebut.

4. Bahan

Gorden Minimalis Untuk Kamar Tidur // Foto : id.aliexpress.com

Umumnya gorden terbuat dari bahan kain, seperti : kain katun, sutra, beludru, linen, poliester, dan lain-lain. Saat memilih bahan kain juga harus menyesuaikan dengan gaya desain ruangan. Misalnya gaya minimalis cocok dengan gorden yang terbuat dari kain katun, sementara ruangan dengan gaya Eropa cocok dengan kain sutra yang dapat menampilkan kesan mewah.

5. Motif

Model Gorden Minimalis // Foto : jakartagorden.com

Terdapat banyak referensi motif yang berfungsi untuk mempercantik kain. Misal pada gambar di atas menggunakan gorden dengan motif stripe yang sangat matching dengan ruangan bergaya minimalis. Motif-motif lainnya bisa dengan mudah kamu dapatkan di toko gorden, seperti motif polkadot, geometris, floral, dan lain-lain.

6. Alat Pengait Gorden

Model Pengait Gorden // Foto : 99.co

Agar gorden dapat digerakan ke kanan dan ke kiri maka diperlukan sistem pengait. Terdapat 4 pilihan sistem pengait yang bisa kamu pilih, seperti : pengait track, smoke ring, tab top, dan ring.

Apa sih yang membedakannya?

Jadi seperti ini, alat pengait gorden dengan sistem track dipasang manual ke alat pengait. Seiring perkembangan jaman alat ini sudah semakin berkembang yang dilengkapi dengan remote control sehingga gorden dapat otomatis terbuka dan tertutup.

Selanjutnya, alat pengait gorden bernama smoke ring merupakan bagian gorden yang dilubangi dengan dilapisi oleh bahan stainless berbentuk lingkaran. Tab top merupakan teknis pemasangan dengan manual pada bagian gorden yang terdapat space jahitan berbentuk lingkaran untuk dipasang ke dalam tiang gorden. Untuk model ring tidak jauh berbeda dengan smoke ring, yaitu sama - sama berbentuk lingkaran berbahan stainless yang dikaitkan pada kain gorden untuk dipasang pada tiang.

Bagaimana, apakah kamu sudah menentukan gorden pilihanmu? Yuk ceritakan model seperti apa yang akan kamu pilih.

Baca juga artikel lainnya :

Anda Juga Mungkin Menyukai Beberapa Artikel Ini