Subscribe Dengan Account Google untuk mendapatkan update info terbaru dari property145.com
Tren Baru Co-working Space

Sejak awal tahun 2017 tren mengenai co-working space telah hadir di Asia Tenggara. Namun, di Indonesia sendiri sebenarnya Co-working space sudah ada sejak tahun 2010, seperti yang dilansir dari situs web tirto.id.

"Konsep coworking space di Indonesia dimulai pada 2010, ketika Yohan Totting mendirikan Hackerspace di Bandung. Ide muncul setelah Yohan berkunjung ke Hackerspace Singapura yang merupakan salah satu coworking yang sudah sukses. Hingga 2015, tercatat ada 34 coworking space di Indonesia." tirto.id

Pada tahun 2017 co-working space telah banyak memikat perhatian para startup founder, blogger, influencer, dan freelancer. Berbagai profesi dapat menikmati ruang kerja tersebut dengan beragam manfaat seperti peluang mendapatkan koneksi baru.

Apa Itu Co-Working Space?

Kehidupan di perkotaan semakin berkembang, tidak hanya teknologinya yang semakin maju, bahkan juga merambah pada inovasi ruang kerja. Kebutuhan seorang enterpreneur terhadap koneksi dan pengetahuan ilmu baru memicu munculnya co-working space. Sebuah ruang kerja yang dapat disewa oleh siapa saja baik secara individu maupun kelompok dengan tujuan untuk membangun banyak koneksi baru.

Konsep yang ditawarkan dari co-working space adalah sharing dimana dalam satu ruangan memungkinkan untuk disewa oleh lebih dari satu pekerja / organisasi / perusahaan khususnya yang bergerak dibidang startup. Co-working space juga timbul dari adanya keluhan terhadap biaya sewa gedung perkantoran yang relatif mahal.

Keuntungan Menggunakan Co-working Space

Co-woroking space // Foto : cohive.space

Kira-kira apa yah keuntungan yang bisa didapatkan dengan menggunakan co-working space?

1. Networking

Dengan berkunjung ke co-working space kamu berkesempatan untuk bertemu dan membangun relasi dengan rekan bisnis baru. Di tempat ini siapa saja dapat bergabung tanpa memandang latar belakang usaha yang sedang dijalani.

Kamu bisa saja bertemu dengan seorang startup founder, content creator, food blogger, dan lain-lain. Dengan latar belakang profesi yang berbeda ini, kamu dapat berbincang banyak mengenai hal-hal yang menarik atau mungkin bisa juga mendapat tawaran pekerjaan.

2. Harga yang Terjangkau

Salah satu penyebab dari terbentuknya co-working space adalah akibat sewa perkantoran yang mahal. Oleh karenanya sistem sharing ini membuat harga yang dikeluarkan sangat terjangkau. Kamu bisa menyewa co-working space bulanan atau harian juga loh, jadi bisa disesuaikan dengan budget dan kebutuhan.

3. Fasilitas yang Lengkap

Kamu tidak perlu khawatir berada di co-working space karena semua fasilitas penunjang pekerjaan telah disediakan. Seperti wifi, ruang kerja yang nyaman, area parkir, listrik, toilet, dan f&b. Untuk mekanan dan minuman biasanya ada yang include dengan paket bulanan atau harian ada juga yang terpisah. Minuman yang paling digemari oleh para pengguna tidak terlepas dari kopi dan teh, sementara untuk makanan ada ringan dan berat yang bisa kamu pilih.

4. Suasana yang Asyik

Co-working space sangat memperhatikan desain interior ruangan. Suasana kerja akan dibuat senyaman mungkin, namun tetap fun. Penataan ruang yang baik disertai pemilihan warna dan furniture yang tepat membuat kamu betah berlama - lama dan tidak mudah bosan. Bahkan biasanya ada juga gamessederhana yang disediakan di co-working space. Sehingga memungkin kamu bermain sejenak disela-sela kesibukan pekerjaan.

Co-working space games // Foto : coworker.com
5. Fleksibel

Co-working space tidak seperti tempat kerja pada umumnya yang mengharuskan kamu masuk jam 8 pagi dan selesai jam 5 sore. Di tempat ini kamu bisa datang jam berapa saja asal co-working space sudah buka. Biasanya sistem seperti ini sangat cocok dengan freelancer.

3 Referensi Co-Working Space Di Tangerang

Setelah kamu mengetahui keuntungan dari co-working space. Saatnya kamu juga tahu referensi co-working space khususnya di Tangerang yang bisa kamu datangi. Yuk simak !

1. EV Hive The Breeze BSD

EV Hive The Breeze BSD // Foto : livelife.com

2. WINC Collaborative Space & Cafe

WINC Collaborative Space & Cafe // Foto : qraved.com

3. Start Space

Start Space // Foto : heikaku.com

Baca juga artikel lainnya :

Anda Juga Mungkin Menyukai Beberapa Artikel Ini