Subscribe Dengan Account Google untuk mendapatkan update info terbaru dari property145.com
12 Unsur Penting Dalam Pembuatan Kolam Renang

Kolam renang merupakan bagian dari properti yang tidak hanya punya nilai ekonomis tapi juga bisa menjadi sarana menjaga kesehatan yaitu dengan olahraga renang. Tentunya memiliki kolam renang sendiri adalah impian bagian setiap keluarga.

Berikut ini beberapa unsur kolam renang yang bisa jadi bahan referensi kamu yang sedang berencana untuk punya kolam renang sendiri dirumah.

1) Perhatikan Ukuran Kolam Renang

Ukuran panjang dan lebar kolam renang adalah hal yang harus diperhatikan. Namun, setiap kolam renang yang diperuntukan baik untuk publik maupun pribadi memiliki ukuran yang berbeda. Sebenarnya apa saja jenis ukuran kolam renang?

2) Kolam Renang Anak

Salah satu hal yang menjadi pertimbangan dalam pembuatan kolam renang anak adalah mempertimbangkan keamanan. Fasilitas pembantu tumbuh kembang anak ini memang layak diperhitungkan sebagai bagian dari fasilitas dalam hunian.

Maka dari itu sebenarnya untuk kolam renang pribadi, ukurannya dapat disesuaikan. Mulai dari 1 x 2 m (l x p)  : Luas kolam renang 2 M2, 2 x 3 m (l x p) : Luas kolam renang 6 M2 dan 2 x 4 m (l x p) : Luas kolam renang 8 M2 dengan kedalaman minimum kolam untuk anak anak dan bayi adalah 60 – 80 cm.

3) Kolam Renang Pribadi

Seperti yang dikatakan sebelumnya bahwa ukuran dari kolam renang dalam hunian yang termasuk dalam golongan pribadi memang dapat disesuaikan. Fasilitas yang tergolong mewah dalam hunian ini, dapat dibuat dengan budget dan lahan yang tersedia di rumah.

Namun, bila ingin mengacu pada ukuran ideal, kamu dapat membuatnya dengan kedalaman 60 cm pada bagian dangkal dan 2,5 meter untuk bagian dalam yang biasa digunakan untuk dewasa.

Sedangkan untuk panjang dan lebar kolam renang adalah hal yang dapat disesuaikan dengan luas dari hunian itu sendiri. 3 x 7 meter, 4 x 10 meter hingga 5 x 12 meter dengan ketentuan model kolam renang persegi panjang. Kamu dapat membuat model lainya yang unik seperti lingkaran, letter L, menyerupai awan dan masih banyak lagi. Cocok sekali untuk hunian dengan luas yang tidak terbatas.

4) Kolam Renang Publik

Selanjutnya beralih untuk ke ukuran kolam renang publik. Ukuran kolam renang publik biasanya memang tidak ada model bakunya, semua dapat disesuaikan dengan konstruksi yang diinginkan dengan memperhatikan pula luas lahan itu sendiri. Mayoritas kolam renang publik berukuran jauh lebih besar dikarenakan fungsinya untuk menampung banyak orang dengan nyaman. 

Ukuran bervariasi mulai dari minimal 5 x 25 meter hingga tak terbatas dengan kedalaman 1 – 4 meter. Bila kamu ingin melihat kolam renang publik yang tak terbatas, contohnya seperti pada gambar di atas. Kolam renang yang berada di Bintan ini diklaimmenjadi kolam renang terbesar di Asia Tenggara dengan luas hampir 6,3 hetar. Sungguh fantastis bukan?

5) Kolam Renang Sauna

Ukuran panjang dan lebar kolam renang adalah hal yang harus diperhatikan tidak terkecuali untuk kolam renang sauna. Kolam yang mayoritas berada pada tempat spa maupun hotel ini didesain memang hanya untuk keperluan spa semata, tidak diperuntukan untuk olahraga.

Maka dari itu tidak heran bentuknya mungil, terbatas dan memiliki suhu air yang tinggi. Difungsikan sebagai kolam untuk berendam, dan mengistirahatkan diri, ukurannya biasanya berdiameter 2 dengan bentuk mayoritas lingkaran dengan kapasitas 4 – 5 orang.

6) Kolam Renang Standar Nasional

Kolam renang standar nasional yang masuk dalam tipe kompetisi memang memiliki ukuran standar yang harus diikuti. Menurut Permenpora Nomor 0636 Tahun 2014 ukuran panjang dan lebar kolam renang adalah berdasarkan tipe yang diambil tipe A 50 m x 26 m, tipe B dan C 50 x 21 m dengan jumlah lintasan yang beragam.

Tidak hanya sampai disitu Permenpora pun sudah membagi jenis kolam renang beserta ukuran yang telah disesuaikan dengan cabang olahraga akuatik yang diambil yang tercantum pada peraturan di atas.

7) Kolam Renang Standar Internasional

Untuk skala pertandingan internasional, biasanya memang mengacu kepada FINA (Federation Internationale De Nation) untuk berapa panjang dan lebar kolam renang yang ideal. Panjang 50 meter dan lebar 20 meter menjadi patokan dengan kedalaman kolam minimum 1,35 meter. Selain itu juga dengan mengukur temperatur air 25 – 28 derajat celcius. 

8) Anggaran Biaya

Unsur lainnya yang tidak kalah penting adalah anggaran biaya. Anggaran atau budget dibuat terlebih dahulu untuk hasil yang maksimal bebas hutang. Dengan mengacu terhadap anggaran yang telah dibuat di awal, kamu dapat membuatnya dengan leluasa tanpa adanya kelebihan budget. Kamu hanya perlu membuat kolam renang sesuai dengan budget yang telah dibuat tanpa di lebih-lebih kan.

9) Pool Deck

Setelah mengetahui perkiraan berapa panjang dan lebar kolam renang yang ideal, kini saatnya mulai memikirkan konsep pendukung lainnya yang dapat pula menambah estetika dari kolam renang itu sendiri. Salah satunya adalah pool deck. Area ini terkadang sering disebut teras dari kolam renang yang berbahan material beragam. Mulai dari kayu, batu alam, keramik, rumput sintetis, dan masih banyak lagi. Material ini biasanya menjadi material pengaman yang anti licin untuk meminimalisir kecelakaan.

10) Suhu Air

Untuk masyarakat daerah pegunungan, suhu air dalam kolam renang menjadi faktor utama. Dengan udara sekitar yang cenderung rendah dan dingin, mereka akan menyukai kolam renang dengan suhu panas yang dapat dipakai pula untuk menghangatkan tubuh.

Untuk kamu yang mempunyai hunian di dataran tinggi, ada baiknya untuk mencari informasi mengenai pemanas kolam renang yang baik digunakan dan hemat energi. Selain menekan biaya listrik, penggunaan pemanas yang tepat dapat menambah kenyamanan penghuni.

11) Filter Kolam

Tidak hanya akuarium yang harus dipasang filterisasi untuk sirkulasi udara, kolam renang pun harus mempunyainya. Alat yang berfungsi sebagai penyaring kotoran yang berada dalam air ini membuat kolam bersih dan tidak terlihat buram.

Dengan pemakaian filter kolam, maka kotoran yang masuk ke dalam kolam bisa otomatis disaring dan dibersihkan. Untuk itu, filter kolam juga menjadi salah satu bagian terpenting dalam membuat kolam sehat dan bersih.

12) Konstruksi Kolam

Membahas rinci berapa panjang dan lebar kolam renang saja memang tidak akan memperindah kolam renang itu sendiri. Sebagai penghuni yang kreatif, Kamu pun harus memikirkan konstruksi kolam dengan segala estetikanya.

Mulai dari pewarnaan dan pemilihan jenis lantai kolam, bentuk atau model kolam, sampai tanaman yang menghiasi. Ini disebut faktor konstruksi kolam karena kolam renang tidak akan bisa ada tanpa faktor-faktor yang telah disebutkan.

Tetap optimis dan semangat ya teman-teman semoga impian teman-teman untuk punya kolam pribadi segera terlaksana. Jaga kesehatan diri dan keluarga.

Baca artikel lainya:

** artikel ini dirangkum dari berbagai sumber

Anda Juga Mungkin Menyukai Beberapa Artikel Ini