Subscribe Dengan Account Google untuk mendapatkan update info terbaru dari property145.com
Yuk Mengenal Monstera Si Tanaman Unik Yang Mahal

Tanaman hias dengan harga selangit di Indonesia bukanlah hal baru. Sebagai negara tropis, Indonesia mudah ditumbuhi oleh berbagai jenis tanaman hias yang biasanya tumbuh subur di kawasan pegunungan. Aneka jenis tanaman hias banyak digandrungi oleh para pecinta tanaman. Harga jualnya pun bervariasi ada yang murah sampai dengan sangat mahal.

Salah satu tanaman hias yang terkenal mahal ialah bunga gelombang cinta. Kalau kamu mengenal bunga gelombang cinta mungkin kamu juga akan terpesona akan keindahan bentuk daunnya. Namun, kini muncul tanaman hias lainnya yang sedang naik daun dan juga tidak kalah mahal loh, yaitu tanaman monstera. Sebuah tanaman hias yang berasal dari dataran Meksiko dan hutan tropis di benua Amerika.

Jenis Tanaman Monstera

Tanaman Hias Monstera // Foto : angusandceleste

Sampai saat ini kurang lebih terdapat 50 jenis tanaman monstera. Namun, yang paling terkenal dan sering dijadikan sebagai budidaya tanaman hias ada 2 jenis, yaitu monstera deliciosa dan monstera albo. Keduanya memiliki perbedaan pada corak daun dan lama waktu pertumbuhannya.

Tanaman monstera di Indonesia sendiri biasa dikenal dengan sebutan janda bolong dan kerap dijadikan hiasan untuk mempercantik ruangan. Kisaran harga pasar tanaman monstera mulai dari pulahan ribu sampai dengan jutaan tergantung ukuran dan jenis monstera. Wah fantastis bukan, harga yang mahal itu juga diimbangi dengan feedback yang dapat kamu nikmati berupa keindahan tanaman monstera.

Dibawah ini akan dibahas lebih lanjut tentang kenapa Tanaman Monstera bisa mahal? Yuk simak terus ya...

1. Kategori Tanaman Langka

Ternyata tanaman ini termasuk langka dan tidak mudah didapatkan. Hal ini dikarenakan tanaman monstera memiliki pertumbuhan yang lambat apalagi untuk jenis monstera albo. Peminat tanaman yang cukup banyak sementara tanaman ini membutuhkan waktu budidaya yang lama menjadi salah satu pemicu mahalnya harga tanaman monstera.

2. Memiliki Bentuk yang Unik

Thai Constellation Monstera // Dok/NSE Tropicals

Thai constellation / monstera deliciosa memiliki bentuk daun yang terbilang unik, yaitu berlubang pada setiap helai daunnya. Hal ini bukan disebabkan oleh hama atau penyakit, melainkan memang bentuk asli dari daun monstera itu sendiri.

Sementara untuk warna corak putih kekuningan yang terdapat pada daun adalah ciri dari monstera berjenis thai constellation. Perpaduan yang unik antara warna hijau dan putih kekuningan menambah tingginya harga jual tanaman monstera.

3. Permintaan Pasar

Seperti teori ekonomi supply dan demand, apabila permintaan barang tinggi, sementara jumlah barang terbatas maka akan menyebabkan kenaikan harga. Begitulah yang terjadi pada tanaman monstera saat ini. Tanaman monstera memiliki perawatan yang mudah namun memiliki pertumbuhan yang lama terutama pada tanaman dengan jenis Monstera Albo.

4. Memiliki Perkembangan yang Lambat

 Monstera Albo // Foto : pinterest.com

Monstera Albo memiliki corak warna yang cantik dengan perpaduan hijau dan putih yang tersebar acak pada setiap helai daun. Bahkan pada tanaman jenis ini tidak jarang juga ditemukan helai daun yang keseluruhan daunnya bewarna putih. Akan tetapi, sayangnya monstera albo memiliki pertumbuhan yang lambat dengan perawatan yang lebih sulit daripada monstera deliciosa, sehingga jenis tanaman ini cenderung mahal.

5. Memiliki Tampilan yang Mewah

Monstera Deliciosa // Foto : Pexels.com/Huy Phan

Biasanya tanaman monstera dijadikan sebagai tanaman untuk mempercantik ruangan. Diletakan pada vas bunga minimalis dengan perpaduan keramik bewarna putih menambah kesan mewah pada ruangan. Warna hijau pekat di dalam ruangan akan nampak terlihat indah apalagi di bawah sinar lampu dan area yang banyak terkena sinar matahari.

Setelah menyimak berbagai hal tentang tanaman monstera ini kira kira bagaimana apakah kamu tertarik juga untuk memilikinya? Yuk berbagi pengalaman tentang tanaman monstera di kolom komentar.

Baca juga artikel-artikel lainnya :

Anda Juga Mungkin Menyukai Beberapa Artikel Ini